Semarak HUT RI, Ada Lukisan Tiga Dimensi di Gang Kecil Mertoyudan Magelang

  • Whatsapp
lukisan tiga dimensi gang senggol
Suasana Gang Senggol Perumahan Bumi Prayudan dengan lukisan tiga dimensi. (Foto: Fauzia Fajri Nabila)

BacaJogja – Menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI, begitu terasa antusias warga Perumahan Bumi Prayudan Gang Senggol warga blok PE-PF RT09/RW05 Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Warga menyulap gang perumahan yang kecil dengan lukisan tiga dimensi layaknya galeri seni. Suasana pun lebih semarak dan indah dipandang mata.

Read More

Baca Juga: Cerita Lukisan Bali, Selamat Saat Kebakaran Hebat di Jalan Bantul Yogyakarta

Warga setempat Nely Lidia mengatakan bahwa ide itu muncul dari ibu-ibu Gang Senggol agar suasana dalam menyambut Kemerdekaan RI lebih meriah. Ide bisa terlaksana berkat warganya lebih guyub dan rukun.

Adapun lukisan tiga dimensi yang digambar tiga dimensi itu merupakan suasana di bawah laut. Gambar yang dilukis berisi ikan seperti ikan hiu, ikan lumba-lumba.

“Gang kita kan mayoritas ibu-ibu suka selfie jadi kita warga gang senggol antusias membuat gang kita menjadi lukisan tiga dimensi jadi gak perlu jauh-jauh keluar mencari tempat wisata dengan lukisan tiga dimensi,” ujar Nely.

Baca Juga: Artotel Yogyakarta Gelar Pameran Seni bersama Nadia Diandra dan Oka “Setsu”

Pelukis yang melukis Gang Senggol merupakan salah satu warga setempat. Dia adalah Gatot yang merupakan alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

Gatot mengaku dirinya sedikit kesulitan saat melukis jalan yang semula polos lalu dilukis dengan lukisan 3D karena menentukan gelap terangnya.

Baca Juga: Pesona Warna-warni Mural Suryatmajan Menjadi Kampung Wisata di Yogyakarta

Ada makna dalam lukisan tersebut. “Lukisan 3D yang berisi ikan hiu mengambarkan atau melambangkan penghuni Gang Senggol yang kuat, handal dan tangguh untuk keluarganya masing-masing,” ujar Gatot.

Dalam proses pembuatan lukisan 3D warga Gang Senggol serentak bergotong royong untuk membersihkan halaman depan rumah masing-masing. Tujuannya tidak lain agar terlihat rapi. Aspek kebersihan lingkungan juga terlihat, di mana rumah sehat yang lengkap dengan bak sampah di depan rumah masing-masing. []

Artikel kiriman Fauzia Fajri Nabila

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *