Tema Wayang Jogja Night Carnival 2023 Pandawa Mahabhiseka, Ini Sinopsisnya

  • Whatsapp
WJNC 2023
Wayang Jogja Night Carnival 2023. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Wayang Jogja Carnival #8 kembali hadir dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta yang ke-267. Kali ini event terbesar Kota Yogyakarta mengangkat tema wayang Pandawa Mahabhiseka.

Event ini digelar bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Yogyakarta, Sabtu, 7 Oktober 2023 pukul 18.30 WIB di Kawasan Tugu Yogyakarta.

Read More

Baca Juga: Poster Wayang Jogja Night Carnival dari Masa ke Masa, Mana yang Anda Suka?

Pandawa Mahabhiseka merupakan cerita carangan dalam Mahabarata yang diciptakan Sultan Hamengkubuwono X yang menceritakan Ratu Kerajaan Parangwiduri ‘Ratu Sukmengkoro.

Dikutip dari Kraton Jogja, sinopsis Pandawa Mahabhiseka menceritakan Sang Ratu memerintahkan patih Surawati untuk meminta restu kepada Sang Hyang Bathara Guru yang ingin menguasai para raja yang ada di jagad raya. Namun, Bathara Guru tidak merestuinya. sehingga terjadi peperangan antara para dewa dengan Surawati beserta prajurit raseksi.

Baca Juga: Wayang Jogja Night Carnival Hadir Lagi! Usung Tema Pandawa Mahabiseka

Para dewa berhasil dikalahkan, sehingga Bathara Guru memberi restu Ratu Sumengkoro untuk menguasai jagat rata dengan syarat harus menyatu dengan Kerajaan Astina dan bisa mengalahkan Pandawa.

Sementara di Kerajaan Amarta, para Pandawa gelisah karena para garwa ayau istri Pandawa murka meninggalkan kerajaan dan akan mengadakan upacara Mahabhiseka atau upacara tetepan keprabon yang harus dihadiri oleh para garwa Pandawa.

Baca Juga: 14 Paguyuban Tionghoa di Yogyakarta Siap Ramaikan Event PBTY 2023

Atas saran Prabu Kresna, maka Dewi Srikandi dan Larasati diutus untuk mencari para garwa Pandawa. Keduanya pergi ke pertapaan Candimulya untuk meminta petunjuk keberadaan para garwa Pandawa.

Resi Garuda Pancaretna yang sebenarnya jelmaan pra garwa Pandaa memberi petunjuk bahwa Srikandi dan Larasati harus ke negara Astina untuk mengalahkan Ratu Sukmengkoro dan wadya raseksi yang sudah menyatu di Astina.

Baca Juga: Skema Rekayasa Lalu Lintas Jalan Wahid Hasyim Selokan Mataram Sleman

Akhirnya terjadi peperangan antara Astina dan Pandawa, yang menyebabkan Srikandi kalah dari Sukmengkoro. Ia lantas dibantu oleh Garuda Pancaretna yang kemudian dibunyikan oleh Semar.

Suara Suling pun mengubah wujud Garuda Pancaretna menjadi para garwa dan membuat Dewi Arimbi dapat mengalahkan Ratu Sukmengkoro. Para Kurawa juga dapat dikalahkan oleh para Pandawa, hingga akhirnya upacara Mahabhiseka dapat dilaksanakan dengan disaksikan para dewa.

Baca Juga: Daftar Lengkap Calender of Event Yogyakarta 2023

Sinopsisi ini akan ditampulkan dengan gata street art, berkostum unik, koerografi memukau dan musik yang jeren dari 14 kemantren se Kota Yogyakarta.

Jangan lewatkan juga keseruan WJNC Fest karena akan ada event-event seru yang siap buat menyemarakkan agenda di Jogja. Namun bagi Anda yang tidak bisa menyaksikan langsung, jangan khawatir. WJNC #8 bisa ditonton secara live di YouTube channel Pemkot Jogja dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *