Bortrail 2023, Pegadaian Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat Borobudur

  • Whatsapp
pegadaian bortrail 2023
PT Pegadaian mendukung penuh event Bortrail 2023, mendorong perekkonomian masyarakat kawasan Borobudur, Magelang. (Foto: Ist)

BacaJogja – Setelah sukses dengan penyelenggaraan Menoreh Trail Marathon pada tahun 2019 dan 2020, kemudian terhenti karena pandemi Covid-19 pada 2021 dan 2022, akhirnya terselenggara Pegadaian Borobudur Trail Run (Bortrail) 2023, Sabtu-Minggu, 14-15 Oktober 2023.

Event lari yang diselenggarakan oleh komunitas lari amal pertama dan terbesar di Indonesia, yaitu Longrunrangers, didukung penuh oleh PT Pegadaian sebagai sponsor utama dan Badan Otorita Borobudur.

Read More

Lomba lari ini berbeda dengan lomba lari pada umumnya. Selain rute yang dilalui adalah pegunungan Menoreh dengan jalan tanah, berbatu, menanjak, dan keluar masuk perkampungan, lomba lari ini merupakan lari amal.

Seluruh peserta melakukan penggalangan dana amal untuk program Air Bersih untuk Menoreh. Program ini bertujuan meringankan beban masyarakat di sekitar pegunungan Menoreh yang mengalami kesulitan air bersih dengan akan melakukan pembangunan tandon-tandon air, bak penampungan air hujan, perbaikan saluran distribusi dengan pipa-pipa dan juga penghijauan.

Baca juga: Sukses Bertransformasi, Pegadaian Catat Laba Rp 3,2 T di Kuartal III 2023

Hingga hari ini, Rabu, 18 Oktober 2023, telah terkumpul donasi sebesar Rp 86.340.000. Donasi akan ditutup pada 21 Oktober 2023, dan akan diserahkan ke dusun-dusun yang terdampak kekeringan dengan skala prioritas pada 24 Oktober 2023 besok.

Event yang digelar selama dua hari itu dipusatkan di The Gade Village, Balkondes Ngargogondo, Borobudur, Magelang. Sedangkan lomba lari melewati 34 dusun di 9 desa di Kecamatan Borobudur dan Salaman, yang menjadi target penerima bantuan air bersih untuk Menoreh.

Bortrail 2023 berkolaborasi dengan masyarakat lokal, melibatkan lebih dari 150 orang warga lokal dari dusun-dusun yang dilewati rute tergabung menjadi tim panitia sebagai petugas marshall di sepanjang rute dan sebagai petugas teknis lainnya.

Juga mengajak 39 pelaku UMKM dari Desa Ngargogondo untuk turut meramaikan Bortrail Expo yang digelar selama 2 hari di lapangan Ngargogondo. Melibatkan 50 orang seniman tradisional desa Ngargogondo tampil dalam gelaran Gathering Night, serta lebih dari 300 kamar hotel, penginapan dan homestay di sekitar lokasi digunakan untuk peserta menginap.

Executive Vice President (EVP) Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT Pegadaian, Rully Yusuf menyampaikan, kegiatan lomba lari amal ini sejalan dengan salah satu misi perusahaan, yaitu bina lingkungan dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“PT Pegadaian berkomitmen akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan positif seperti ini di masa yang akan datang,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu, 18 Oktober 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno mengapresiasi komunitas Longrunrangers atas penyelenggaraan lari amal dan dukungan dari PT Pegadaian dan BOB.

Sandiaga Uno meminta peserta untuk banyak berfoto di sepanjang rute dan membagikannya di media sosial, agar semakin banyak orang datang dan berwisata di kawasan Borobudur.

Pegadaian Borobudur Trail Run 2023 ini diikuti oleh 700 orang peserta yang terbagi dalam kategori lari 42K, 21K, 10K dan 5K. Adapun para pemenang pertama adalah Sartono dari Sukoharjo, kategori 5K master male.

Kartika Sulistyowati dari Jakarta, kategori 5K master female. Muhammad Reza Rama dari Temanggung, kategori 5K male open. Aisyah Nur Rahmah dari Magelang, kategori 5K open female. Joko Suripto dari Boyolali, kategori 10K master male.

Kemudian, Rosa Fitriyani Kristanto dari Temanggung, kategori 10K master female. Nugroho dari Magelang, kategori 10K open male. Elmi Rahmiyati dari Magelang, kategori 10K open female. Tjas Abillah dari Pekalongan, kategori 21K master male.

Baca lainnya: Dukung Perekonomian Meningkat, Pegadaian Diganjar Indonesia Best BUMN Awards 2023

Aleida Groothoof dari Belanda, kategori 21K master female. Wahyu Gunawan dari Magelang, kategori 21K open male. Rika Wulan Marheni dari Kulonprogo, kategori 21K open female. I Nyoman Teddy dari Magelang, kategori 42K master male. Rizqi Dwi Kurniawan dari Magelang, kategori 42K open male, dan Gita Harmoni dari Yogyakarta, kategori 42K open female.

Pemimpin PT Pegadaian Kanwil XI Semarang, Nuril Islamiah mengucapkan selamat kepada para pemenang Pegadaian Borobudur Trail Run 2023. Ia berharap, even tersebut berdampak luas pada masyarakat sekitar dan khususnya pada PT Pegadaian.

“Sebagaimana yang disampaikan Bapak Menparekraf, semakin banyak peserta mengunggah foto-foto sepanjang rute, maka semakin banyak wisatawan yang datang, khususnya ke kawasan wisata Borobudur,” katanya.

Nuril menegaskan PT Pegadaian berkomitmen dalam pengembangan dan peningkatan pariwisata di daerah. Tak hanya itu saja, Pegadaian juga berkomitmen dalam pendampingan dan peningkatan UMKM masyarakat.

“Untuk UMKM, banyak program Pegadaian yang bisa dimanfaatkan, misalnya GadePreneur. Yang mana para UMKM mendapatkan fasilitas berupa branding, pengurusan perizinan, sertifikat halal sehingga diharapkan mereka bisa naik kelas dan mempunyai daya saing terhadap potensi pasar,” pungkasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *