KAI Commuter Uji Coba Pengoperasian Hall Timur Stasiun Yogyakarta, Tingkatkan Layanan Libur Nataru

  • Whatsapp
stasiun yogyakata
Stasiun Yogyakata. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – KAI Commuter terus meningkatkan layanan kepada seluruh penggunanya termasuk dalam menghadapi masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Di wilayah 6 Yogyakarta yang merupakan operasional KAI Commuter akan melakukan uji coba pelayanan melalui hall baru pada sisi timur Stasiun Yogyakarta sebagai akses keluar dan masuk pengguna Commuter Line.

VP Corporate Secretary KAI Commute Anne Purba mengataka, KAI Commuter akan melakukan uji coba pengoperasian Hall timur dan aksess baru bagi pengguna Commuter Line di Stasiun Yogkarta mulai Jumat, 1 Desember 2023.

Read More

Baca Juga: Penjelasan Resmi KAI Commuter soal Gangguan Perjalanan KRL Yogyakarta

“Fasilitas layanan yang sebelumnya ada di sisi selatan, mulai esok hari akan dipindah ke area hall timur, nantinya pengguna Commuter Line Yogyakarta yang akan naik dan turun di Stasiun Yogyakarta bisa menggunakan hall baru ini,” katanya dalam siaran pers, Jumat, 1 Desember 2023.

Menurut dia, dengan dioperasikannya hall stasiun baru di sisi timur ini, nantiya akses masuk-keluar dan ruang tunggu pengguna Commuter Line Yogyakarta dan Commuter Line Prambanan Ekspres (Prameks) di Stasiun Yogyakarta akan terpisah, serta konsentrasi kepadatan pengguna yang menunggu keberangkatan kereta di stasiun bisa terbagi.

Baca Juga: Libur Sekolah Usai, Commuter Line Yogyakarta Layani 20 Perjalanan, 24 saat weekend

Pembangunan hall ini sendiri dimulai pada 18 Juli 2023 lalu, dengan luasan area seluas 528,8 meter persegi. Untuk fasilitas layanan pengguna pada hall timur stasiun, KAI Commuter menyiapkan loket untuk pembelian tiket, sebanyak 15 unit gate eletronik untuk proses tap masuk dan tap keluar, dimana sebelumnya di hall Selatan hanya mengoperasikan 8 unit gate eletronik.

Fasilitas penunjang layanan lainnya juga disiapkan, seperti kursi tunggu, toilet dan mushola sementara serta fasilitas charging booth. Untuk kenyamanan pengguna yang menunggu di area hall timur ini, KAI Commuter juga menambahkan 8 unit kipas angin dan videotron sebagai informasi pelayanan.

Baca Juga: Commuter Line Yogyakarta Beroperasi 24 Perjalanan Tiap Hari Selama Masa Libur Sekolah

Pengoperasian hall timur stasiun ini juga diharapkan bisa menjadi solusi untuk pengaturan kepadatan dan kenyamanan flow pengguna Commuter Line, seiring peningkatan signifikan pada volume pengguna Commuter Line Yogyakarta yang kerap terjadi pada musim liburan.

Tercatat volume pengguna Commuter Line Yogyakarta pada akhir minggu atau hari libur sebanyak 23 – 27 ribu orang per harinya, sedangkan pada hari kerja tercatat sebanyak 14 – 18 ribu orang. Sementara itu untuk volume pengguna Commuter Line Prameks tercatat sebanyak 2 – 3 ribu orang per hari pada akhir minggu dan sebanyak 1.500 – 2.300 orang per hari pada hari kerja.

KAI Commuter berharap dengan dilakukan uji coba pengoperasian hall baru iini dapat meningkatkan layanan dan kenyamanan pengguna Commuter Line di Stasiun Yogyakarta. KAI Commuter juga mengimbau seluruh pengguna untuk menjaga fasilitas stasiun dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan aksi vandalisme. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *