Manfaat Siwak, Selain Memiliki Keajaiban untuk Kesehatan juga Bernilai Ibadah

  • Whatsapp
Manfaat Siwak
Manfaat Siwak, Selain Memiliki Keajaiban untuk Kesehatan juga Bernilai Ibadah. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Tanaman Siwak memiliki nama lain miswak yang merupakan salah jenis tanaman pohon yang masuk dalam kategori semak belukar. Asal dari tanaman siwak berasal dari daerah Timur tengah seperti Arab saudi, Qatar, UEA, dan lainnya.

Pada anatomi siwak yang digunakan adalah dari kayunya yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Bersiwak merupakan salah sunah Rasulullah SAW yang dianjurkan untuk umat muslim.

Read More

Di masa pandemi Covid-19 peran sistem imun atau sistem kekebalan tubuh sangat penting berperan dalam menangkal virus dan bakteri. Bagaimana tidak? Virus Covid-19 yang sudah menelan banyak korban jiwa ini ternyata akan lebih cepat masa inkubasinya pada pasien yang memiliki sistem imun rendah seperti : Pasien menjalani kemoterapi, Leukemia, Anemia, Lupus, dan lainnya.

Baca Juga: Ragam Manfaat Lidah Buaya, dari Kesehatan Kulit dan Rambut hingga Dawet

Peran edukasi tenaga medis sangat dibutuhkan dimasa pandemi Covid 19. Banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana yang harus dilakukan untuk meningkatkan sistem imun dengan pola hidup sehat tanpa zat kimia.

Efek samping ketika kita banyak mengkonsumsi terlalu banyak obat zat kimia akan berpengaruh terhadap kesehatan ginjal. Maka dari itu peran edukasi kesehatan Holistik sangat dibutuhkan menjaga kesehatan tubuh manusia.

Banyak sekali peran Keperawatan Holistik untuk kesehatan, salah satunya adalah tentang manfaat Siwak. Banyak orang tidak mengetahui manfaat Siwak. Selain bermanfaat ibadah karena termasuk ajaran Sunah Rasulullah SAW juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan Jantung dan Manfaat Lain Kacang Tanah

Siwak memiliki manfaat bagi seseorang yang memiliki masalah pada gigi. Manfaatnya antara lain mencegah bau mulut, mencegah gigi berlubang, mencegah plak gigi, melindungi gusi, melawan bakteri, analgesik alami dan anti kanker.

Dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” juga mengemukakan dalam teorinya bahwa penggunaan Siwak memiliki “Trisula Manfaat” antara lain : Bisa menjaga kesehatan, meningkatkan sistem imune dan mendapatkan pahala keberkahaan di dalamnya.

“Penggunan Siwak sudah diaplikasikan pada zaman rasulullah SAW dan manfaat Siwak ini sebenarnya banyak sekali yang belum diteliti sehingga ketika menggunakan Siwak ini kita akan mendapatkan 3 manfaat Trisula Siwak yaitu : Bisa menjaga kesehatan, meningkatkan sistem imune dan mendapatkan pahala keberkahaan di dalamnya,” ucapnya.

Baca Juga: Ini yang Dilakukan Sri Sultan Sebelum Pemeriksaan Kesehatan Jabatan Gubernur

Dosen yang juga Praktisi Spesialis Medikal Bedah ini mengungkapkan, kombinasi siwak yang mengandung anti bakteri dan air liur akan membantu menjaga kesimbangan PH dalam mulut sehingga akan mencegah pertumbuhan kuman atau bakteri yang berada di dalam mulut.

“Kita ketahui masalah bakteri didalam mulut bisa terjadi karena banyak hal antara lain: terlalu sering mengkonsumsi glukosa dan gula yang tinggi sehingga menyebabkan kuman subur didalamnya. Kita ketahui bahwa kuman akan tumbuh subur dengan dua media yaitu lewat media air dan media glukosa atu gula yang terlalu tinggi,” jelasnya.

Manfaat hebat lainnya ternyata Siwak juga memiliki sifat anti bakteri alami karena tinggi akan anti oksidan yaitu Polifebnoloksidase, Perosidase, peroksidase yang akan menjadi obat anti kanker. Selain itu Siwak juga bisa menurunkan tingkat nyeri pasien baik menurunkan nyeri pada radang gigi ataupun nyeri yang ditimbulkan oleh bakteri. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *