Mahasiswa D3 Keperawatan Stikes Mambaul Ulum Surakarta KKN di Boyolali Jawa Tengah

  • Whatsapp
KKN mahasiswa stikes
Mahasiswa D3 Keperawatan Stikes Mambaul Ulum Surakarta KKN di Boyolali Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan jenis pelaksanaan kuliah yang dilaksanakan mahasiswa secara langsung yaitu para mahasiswa langsung terjun langsung menjalani praktek dilingkungan masyarakat. Tujuan KKN supaya mahasiswa siap dalam implementasi tindakan kepada masyarakat secara langsung. Selama ini mahasiswa sudah dibekali dengan pembelajaran selama dikelas, sedangkan KKN adalah pelaksanaan implementasi di lapangan.

Kali ini mahasiswa D3 Keperawatan Stikes Mambaul Ulum Surakarta melakukan KKN tempatnya didaerah Boyolali, tujuan dalam KKN ini adalah untuk melakukan implementasi mata ajaran pada semester akhir.

Read More

BacaJuga: Mengenal Wisata Alam Batu Kapal Bantul, Tempat Syuting Film KKN di Desa Penari

Dalam pelaksanaannya KKN tersebut melatih mahasiswa selain untuk hidup secara mandiri juga bermanfaat bagi masyarakat disekitar. Kali ini mahasiswa D3 Keperawatan dibimbing oleh Dosen Prima Trisna Aji dan Rejo yang bertugas membimbing mahasiswa untuk implementasi kegiatan KKN di masyarakat menjalani praktek tugas lapangan di Boyolali, Jawa Tengah.

Salah satu dosen Prima Trisna Aji bersama mahasiswa melakukan inovasi kepada berupa tindakan kombinasi Rendam Kaki Air Hangat dan Relaksasi Nafas Dalam pada pasien hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tindakan ini merupakan tindakan mandiri keperawatan yang bertujuan untuk menurunkan Tekanan Darah Tinggi pada pasien hipertensi serta untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

BacaJuga: Sampah Organik di Kulon Progo Diolah Menjadi Cairan Eco Enzym Ragam Manfaat

Di sini dosen D3 Keperawatan Prima Trisna Aji melakukan bimbingan konseling kepada mahasiswa D3 Keperawatan dimana bimbingan ini bertujuan untuk manyamakan persepsi antara mahasiswa bimbingan dan masyarakat di wilayah Boyolali.

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan melakukan perkenalan kepada tokoh masyarakat, yang bertujuan untuk memperkenalkan tindakan mandiri keperawatan kepada masyarakat kemudian melakukan kontrak dengan seluruh warga untuk dilakukan pengkajian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mengetahui masalah kesehatan warga dan kemudian dilaksanakan implementasi untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut.

BacaJuga: Bahan dan Cara Pembuatan Pis Kopyor, Makanan Tradisional yang Terlupakan

KKN mahasiswa D3 Keperawatan sendiri berlangsung selama kurang lebih 1 bulan kemudian setelah selesai akan dilanjut Karya Ilmiah Akhir atau KTI mahasiswa. Jumlah mahasiswa yang menjalani KKN sendiri berjumlah kurang lebih 100 mahasiswa yang dibagi menjadi beberapa kelompok dibeberapa RW dan RT.

“Saya sengaja mengajarkan inovasi tindakan mandiri keperawatan Rendam kaki Air hangat pada mahasiswa, hal ini bertujuan supaya mahasiswa bisa menerapkan secara langsung ilmu inovasi yang jarang diketahui oleh para warga yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi,” ucap Prima. []

Artikel dikirim oleh Dr. Elinda Rizasari,Spd.,Mpd, Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *