Pemkot Yogyakarta Menargetkan Agustus Seluruh Warga Sudah Divaksin

  • Whatsapp
vaksinasi pelajar
Vaksinasi peajar di SMPN 8 Yogyakarta. (Foto: Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta dalam memberikan dan membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok kepada para siswa terus dilakukan. Saat ini Pemkot Yogyakarta terus menggencarkan program vaksinasi Covid-19 bagi penduduk berusia 12 hingga 18 tahun.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan pada vaksinasi pelajar di sekolah, sasaran vaksinasinya pun tidak hanya bagi penduduk Kota Yogyakarta saja, tetapi seluruh siswa, baik yang merupakan penduduk kota maupun luar kota. “Jadi meski ada siswa KTP di luar Kota Yogyakarta tapi sekolah di Kota Yogyakarta, tetap diberikan vaksin,” katanya saat meninjau vaksinasi di SMPN 8 Yogyakarta, Senin, 19 Juli 2021.

Read More

Baca Juga:

Dia mengatakan, sampai Sabtu, 17 Juli 2021, total masyarakat yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama oleh tim vaksinator Kota Yogyakarta 192.984 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 1.739 orang adalah remaja usia 12-17 tahun.

“Sedangkan untuk dosis kedua, jumlah masyarakat yang telah divaksin adalah sebanyak 105.830 orang. Sehingga total telah dilakukan vaksinasi sebanyak 298.814 penduduk,” kata Haryadi.

“Jadi meski ada siswa KTP di luar Kota Yogyakarta tapi sekolah di Kota Yogyakarta, tetap diberikan vaksin”

Orang nomor satu di Kota Yogyakarta ini mengatakan, saat ini estimasi kapasitas pemberian vaksin di Kota Yogyakarta sebanyak 2.000 orang per hari. Vaksinasi dilaksanakan oleh 18 Puskesmas, 13 Rumah Sakit serta dua klinik TNI/Polri. “Jadi rata-rata orang yang divaksinasi adalah 14.000 per minggu, mudah-mudahan pada 17 Agustus 2021 Kota Yogyakarta semakin mendekati fase herd immunity,” ungkapnya.

Baca Juga:

Dia menjelaskan pada vaksinasi kali ini, vaksin yang digunakan jenis Sinovac. Vaksin dari Bio Farma ini sudah menjalani uji klinis yang komprehensif dan dapat dipertanggungjawabkan oleh lembaga verifikasi kesehatan internasional, dan telah memperoleh Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM, serta Serifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Haryadi mengungkapkan, ke depan pelaksanaan vaksinasi remaja di Kota Yogyakarta digelar di tiap sekolah dimulai dari tingkat SMP negeri maupun swasta pada periode setelah 23 Juli 2021 sampai awal Agustus 2021. “Para siswa agar tidak perlu takut divaksin demi melindungi diri sendiri, teman, dan keluarga. Dengan divaksin, berarti adik-adik sudah menjadi patriot dalam ikut menyelamatkan generasi masa depan bangsa,” ujarnya. (source: Humas Pemkot Yogyakarta)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *