Tiga Shelter UGM Yogyakarta Menjadi Rumah Sakit Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
University Club UGM
University Club UGM. (Foto: Dok. UGM Yogyakarta)

Yogyakarta – Tiga selter Covid-19 yang dikelola Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kini menjadi rumah sakit darurat untuk penanganan corona dengan nama Rumah Sakit Khusus Covid-19 Gadjah Mada. Ketiga shelter tersebut yakni University Club, Wisma KAGAMA dan Asrama Darmaputera Karanggayam.

Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM Ade Febrina mengatakan, keputusan ini ditetapkan dalam Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 219/KEP/2021 tentang Penetapan Rumah Sakit Lapangan/Darurat Penanganan Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta. Keputusan yang ditandatandangi per 29 Juli 2021 ini dalam rangka upaya Pemda DIY dalam penanganan corona.

Read More

Dia mengatakan, Keputusan Gubernur menyebutkan penetapan rumah sakit darurat dilakukan menimbang meningkatnya jumlah pasien terinfeksi Covid-19 mengakibatkan rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di DIY tidak mampu menampung pasien positif terinfeksi. RSA UGM sendiri ditetapkan sebagai rumah sakit pengampu bagi RSKC Gadjah Mada.

Baca Juga: Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul, Kalurahan Pertama Punya Shelter di Yogyakarta

Ade menerangkan, RSKC Gadjah Mada berupaya memberikan pelayanan secara gratis bagi pasien yang telah terkonfirmasi Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang atau OTG (Orang Tanpa Gejala) yang membutuhkan isolasi mandiri, namun tidak dapat melakukan isolasi mandiri di rumah atau di tempat lain.

RSKC Gadjah Mada difasilitas dengan aplikasi self assessment yang digunakan pasien untuk melaporkan kondisi kesehatannya secara mandiri, dan terkoneksi dengan sistem di rumah sakit. Selain itu, dokter dan perawat dijadwalkan untuk melakukan pengecekan secara rutin.

Ade memaparkan, pasien yang dirawat di RSKC Gadjah Mada menerima sejumlah layanan, di antaranya fasilitas kamar serta makanan tiga kali dalam sehari, evaluasi klinis harian secara berkala, konsultasi dokter, juga obat-obatan.

Baca Juga: Link Info Shelter Covid-19 di DIY secara Real Time, Lengkap dengan Alamat dan Kontak Person

“Kondisi harian pasien dapat dilaporkan melalui link assessment, dan apabila terjadi perburukan klinis dan membutuhkan penanganan khusus, pasien akan ditindaklanjuti untuk proses rujuk ke RSA UGM oleh petugas RSKC Gadjah Mada,” kata Ade, Selasa, 10 Agustus 2021.

Dia menegaskan RSKC Gadjah Mada melayani pasien dari kalangan masyarakat umum, tidak terbatas pada sivitas UGM. Layanan ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk menerima penanganan kesehatan yang diperlukan.

Pasien yang memenuhi persyaratan sesuai pedoman tersebut dapat menghubungi Call Center RSKC Gadjah Mada di 081229208880 melalui sambungan telepon maupun pesan pada aplikasi Whatsapp untuk menerima informasi terkait alur layanan dan tautan pendaftaran. “Call centre Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada siap melayani 24 jam untuk memberikan info alur pelayanan dan link pendaftaran,” ucap Ade. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *