Pesan Sri Sultan HB X untuk PNS Penerima Penghargaan dari Presiden

  • Whatsapp
Sri Sultan HB X
Sri Sultan HB X saat membacakan sambutan PNS penerima penghargaan dari Presiden. (Foto: Humas Pemda DIY)

Yogyakarta – Presiden RI Joko Widodo memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 418 pegawai negeri sipil di lingkungan Daerah Istimewa Yogyakarta. Penghargaan ini dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, sungguh memiliki arti penting sekaligus membahagiakan bagi PNS yang menerima penghargaan. Pengabdiannya selama ini mendapatkan penghargaan tanda kehormatan dari Presiden RI.

Read More

Menurut Sultan, penghargaan ini membanggakan karena sebagai bukti seorang PNS yang loyal nir-cacad-cela tanpa putus dalam pengabdiannya sebagai pamong praja. Penghargaan ini, diberikan hanya bagi PNS yang memiliki karya-satya, bekerja dengan setia, pada Pancasila dan UUD 1945, Negara dan Pemerintah, yang telah mengabdikan diri sepuluh, dua puluh dan tiga puluh tahun dengan penuh kejujuran dan kedisiplinan.

Baca Juga: KAI Hadirkan Livery Khusus dalam Menyemarakkan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI

Raja Keraton Yogyakarta ini mengatakan, penghargaan kehormatan ini diberikan untuk mendorong semangat kerja, kedisiplinan dan kesadaran akan tanggungjawab sebagai abdi negara dalam kedinasan, maupun abdi masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat.

Apalagi setiap PNS kini harus memiliki etos kerja seorang Satriya. “Penghargaan ini diberikan juga dalam upaya agar setiap PNS memiliki dan mengembangkan karakteristik yang terpuji sebagai upaya mewujudkan clean dan good governance,” katanya.

Baca Juga: Lapangan Karang Kotagede Yogyakarta Jadi Stadion Mini Standar Nasional

Rincian Penghargaan Satyalancana dari Presiden untuk PNS yang mengabdi selama 30 tahun tanpa cela dan cacat serta setia pada Pancasila, UUD 1945 tanpa putus sebanyak 187 orang PNS/ASN. Mereka di antaranya Asisten Pemerintahan Setda DIY Sigit Saptorahardjo, Kepala DPAD DIY Monica Listyani. Sementara untuk ASN dengan pengabdian 20 tahun berjumlah 109 orang dan ASN dengan masa pengabdian 10 tahun berjumlah 122 orang.

Penyerahan Tanda Kehormatan Penghargaan Satyalancana Karya Satya di lingkungan Pemda DIY diserahkan langsung kepada sembilan perwakilan PNS oleh Gubernur DIY dan diikuti penyerahan oleh Kepala OPD di kantor masing-masing secara daring. Acara ini dihadiri Wakil Gubernur DIY Paku Alam X, Kapolda, Danrem 072 Pamungkas, Pimpinan DPRD DIY serta anggota Forkopimda DIY lainnya di Kepatihan Yogyakarta pada Kamis, 12 Agustus 2021. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *