Badan Intelijen Negara Vaksinasi Secara Door to Door di Pelosok Kulon Progo

  • Whatsapp
vaksinasi BIN
BIN menggelar vaksinasi secara door to door di pelosok Kulon Progo, Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Kulon Progo – Badan Intelejen Negara (BIN) menggeralar vaksinasi secara door to door atau mendatangi rumah warga di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Vaksinasi ini bagian dari dukungan terhadap program pemerintah dalam mewujudkan herd immunity atau kekebalan komunal sekaligus memutus mata rantai Covid-19.

Koordinator vaksinasi door to door BIN Wuri Atmaja mengatakan, mendatangi dari rumah ke rumah untuk vaksinasi warga ini bagian mewujudkan target vaksinasi 3 juta per hari. “Targetnya secepat mungkin mewujudkan herd immunity,” katanya di Kulon Progo, Minggu, 29 Agustus 2021.

Read More

Vaksinasi dari rumah ke rumah ini dilaksanakan di Padukuhan Malangan dan Klumutan, Kalurahan Srikayangan, Kapanewon Sentolo pada Sabtu, 28 Agustus 2021. Jenis vaksin yang digunakan Sinovac.

Baca Juga: Selain Sasar Pelajar, BIN juga Bidik Vaksinasi di Zona Hitam Covid-19

Petugas mendatangi satu per satu rumah warga. Semua proses mulai dari pendaftaran, screening sampai dengan penyuntikan dilakukan di rumah warga. Kegiatan ini menyasar lansia, pelajar dan warga yang terkendala akses.

Bisa dibilang warga yang disasar merupakan warga yang rumahnya jauh dengan puskesmas. Jaraknya sekitar 5 kilometer. “Jadi sasaran vaksinasi ini dari pelajar, lansia dan warga yang terkenda akses menuju ke pusat layanan kesehatan,” katanya.

Baca Juga: BIN Siapkan 7.000 Vaksinasi dan 7.000 Bansos di Banten, Jabar, dan Jatim

Menurut Wuri, dalam vaksinasi ini menggandeng Politeknis Kesehatan (Poltekkes) Yogyakarta dan Dinas Kesehatan Kulonprogo. “Selain door to door juga dilaksanakan vaksinasi di Balai Kalurahan Srikayangan,” ungkapnya.

Dukuh Malangan Purwanti mengatakan, vaksinasi door to door seperti ini cocok dilaksanakan di wilayahnya. Vaksinasi dengan model door to door ini sangat membantu warga mengingat akses ke puskesmas atau rumah sakit cukup jauh. Sementara warga memiliki kesibukan tinggi dalam menggarap lahan pertanian.

Baca Juga: Menteri Kesehatan Kagum Vaksinasi Drive Thru UGM Yogyakarta Tertib dan Merakyat

“Banyak warga kami yang lansia dan memiliki keterbatasan akses ke puskesmas. Sehingga door to door ini sangat membantu, terima kasih sekali,” katanya.

Seorang warga, Rike Suni Rahayu mengaku senang bisa mengikuti vaksinasi ini. Peserta vaksin termasuk dirinya tidak perlu antre karena tim medis langsung memeriksa dan melakukan vaksinasi di rumah warga. “Ini sangat efektif. Prosesnya juga cepat sehingga warga kembali bekerja di sawah,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *