18 Balai Ekonomi Desa Borobudur Magelang Tetap Buka Saat Natal dan Tahun Baru

  • Whatsapp
Candi Borobudur
Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. (Foto: Instagram)

Magelang – Candi Borodubur dan sejumlah destinasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tetap buka saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang. Begitu juga 18 Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Kecamatan Borobudur tetap beroperasi menyambut wisatawan saat liburan akhir tahun.

Pelaksana tugas Direktur PT Manajemen Corporate Based Tourism (CBT) Nusantara M Hatta menyampaikan, selama masa libur Natal dan Tahun Baru sebanyak 18 balkondes di Kecamatan Borobudur akan tetap buka. Selain itu juga menerima kunjungan wisatawan yang singgah untuk menggelar acara atau makan.

Read More

Baca Juga: Viral Kuliner Malam dan Main Skuter di Pinggir Jalan Candi Borobudur Magelang

PT Manajemen CBT Nusantara adalah pihak yang ditunjuk Kementerian BUMN untuk terlibat mendampingi pengelolaan balkondes di Kecamatan Borobudur. “Balkondes harus tetap buka agar pegawai-pegawai di balkondes yang merupakan warga desa sekitar tetap bersemangat dan optimistis menggerakkan pariwisata di tengah pandemi,” ujarnya.

Sementara itu, General Manager Taman Wisata Candi Borobudur, Aryono Hendro Malyanto menuturkan, jumlah kunjungan wisatawan selama masa liburan Natal dan Tahun Baru diyakini akan cenderung menurun dibandingkan saat ini.

Baca Juga: Tari Gelang Projo Jadi Identitas Kebangkitan Kawasan Perbukitan Menoreh

Namun begitu, pembukaan kunjungan tetap dilakukan demi perkembangan pariwisata di masa mendatang. “Menutup kunjungan memang mudah dilakukan. Namun, hal itu akan memberatkan karena saat dibuka kembali, situasi akan semakin sulit karena harus memulai semuanya dari nol,” tuturnya.

Aryono menjelaskan, terkait teknis pelaksanaan kunjungan di masa libur Natal dan Tahun Baru, Taman Wisata Candi Borobudur masih menunggu aturan dan kebijakan dari pemerintah pusat serta pemerintah Kabupaten Magelang. Namun dalam liburan ini, pihaknya memastikan tidak akan menambah acara atau atraksi apa pun sebagai tambahan hiburan bagi wisatawan.

Baca Juga: Sri Sultan Beberkan Antisipasi Lonjakan Covid-19 Varian Omicron dan Nataru

Saat ini, Kabupaten Magelang menerapkan PPKM Level 2. Adapun jumlah wisatawan di Taman Wisata Candi Borobudur pada hari biasa berkisar seribu hingga 1.300 orang dan pada akhir pekan 1.500 sampai 3 ribu orang perhari.

Sebelumnya, saat Kabupaten Magelang berstatus PPKM Level 3, jumlah wisatawan di hari biasa hanya 500-700 orang pe hari. Pada akhir pekan berkisar seribu hingga 2 ribu orang per hari. []

Artikel kiriman Fauzia Fajri Nabila mahasiswi prodi Public Relations ASMI Santa Maria

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *