Kipo, Camilan Khas Kotagede Yogyakarta Kesukaan Sultan Agung

  • Whatsapp
Kipo khas kotagede
Kipo, camilan khas Kotagede, Yogyakarta. (Foto: Sobat Jogja)

Yogyakarta – Kipo, salah satu dari sekian camilan atau kuliner khas Kotagede Kota Yogyakarta. Dalam Serat Centhini, kue ini juga disebut dengan nama “Kupo”. Dalam Serat Centhini ini pula, pada abad ke-16 dianggap sebagai kudapan favorit Sultan Agung.

Namun, untuk menamai camilan ini lebih populer disebut Kipo dibanding Kupo. Dulu ceritanya banyak warga dari luar daerah yang kesemsem dengan camilan ini.

Read More

Baca Juga: Mengenal Brongkos, Kuliner Khas Kegemaran Raja Keraton Yogyakarta

Mereka penasaran dengan rasanya namun tidak tahu namanya. Banyak di antaranya mereka bertanya “Iki Opo?” Akronim Kipo (Iki Opo) ini menjadi nama yang populer hingga sekarang.

Ya, Kipo nama kuliner berupa kue manis berwarna hijau. Kipo terbuat dari adonan tepung ketan yang dibentuk pipih dan diberi isi enten-enten (parutan kelapa yang dimasak dengan gula jawa). Makanan ini sangat khas dengan warnanya yang hijau dan cokelat di tengah hasil perpaduan antara gula merah dengan kelapa.

Baca Juga: Viral Kuliner Sambal Belut Pak Wardi di Sleman Yogyakarta

Warna hijau Kipo diperoleh secara alami, yakni dari daun suji yang turut dicampurkan dalam adonan tepung ketan. Kipo memiliki rasa yang begitu legit serta memiliki aroma harum karena menggunakan daun pandan. Di dalamnya berisi kelapa, nangka dan gula merah.

Cara memasak Kipo pun agak lain dari umumnya kue tradisional Jawa, yakni dengan cara dipanggang. Sebelum dipanggang, adonan yang sudah terbentuk diberi alas daun pisang terlebih dahulu agar tidak lengket. Kipo hanya mampu bertahan selama satu malam karena, hanya menggunakan bahan-bahan yang alami.

Penasaran? Sedulur bisa membeli Kipo di Kotagede terutama area Pasar Kotagede. Sedangkan saat Ramadan, Kipo bisa dijumpai pada Pasar Tiban Ramadan Masjid Jogokariyan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *