Hadeging Keraton Yogyakarta ke-275, Sejarah Asal Usul dan Rangkaian Acara Perayaan

  • Whatsapp
keraton yogyakarta
Keraton Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

YogyakartaKeraton Yogyakarta resmi berdiri pada 29 Jumadil Awal pada penanggalan Kalender Sultan Agungan. Tahun ini, peristiwa yang biasa disebut Pengetan Hadeging Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat pada penanggalan kalender Masehi, jatuh pada tanggal 2 dan 3 Januari 2022.

Berdasarkan asal-usulnya, tepat sebulan setelah penandatanganan Perjanjian Giyanti, Pangeran Mangkubumi sebagai pendiri Kasultanan Yogyakarta memproklamasikan berdirinya kerajaan baru. Momen tersebut terjadi pada 13 Maret 1755 atau 29 Jumadil Awal 1680 Be.

Read More

Baca Juga: Tugu Golong-Gilig, Karya Mangkubumi Pendiri Keraton Yogyakarta yang Tak Lagi Sama

Tradisi perayaan tetap digelar sesuai tradisi yang sudah mengakar sebelumnya. Pada perayaan kali ini, sepanjang Desember 2021 sudha digelar berbagai rangkaian kegiatan untuk memperingati agenda Hadeging Nagari.

Rangkaian acara antara lain Sholawatan Jawa, Sema’an Al-Quran, dan Mujahadah di Masjid Pathok Negara Ploso Kuning, Mlangi, Babadan, dan Dongkelan. Berbagai lomba juga digelar oleh Kawedanan Pengulon, unit di Keraton Yogyakarta yang menangani urusan keagamaan. Mengingat situasi pandemi berbagai perlombaan seperti tabuh bedhug, adzan, dan rodat digelar secara daring atau online.

Baca Juga: Garebeg Mulud Keraton Yogyakarta Bagikan 2.700 Rengginang

Menuju puncak peringatan acara, Abdi Dalem Keraton Yogyakarta menggelar ziarah ke makam Sri Sultan Hamengku Buwono I dan pemimpin keraton berikutnya di Pajimatan Imogiri pada Minggu, 2 Januari 2022.

Malam harinya digelar Mujahadah di Masjid Gedhe Keraton Yogyakarta selepas salat Isya. Rangkaian acaranya terdiri atas pembacaan shalawat untuk Nabi Muhammad SAW, Manaqib (Jawahirul Ma’ani) oleh Abdi Dalem Kanca Kaji, serta Dzikrul Ghofilin oleh K.H. Misbachul Munir.

Agenda hari kedua adalah Sema’an Alquran dari juz 1-30 yang dilantunkan sejak pukul 05.00 WIB hingga malam hari menjelang puncak acara peringatan Hadeging Nagari di Kagungan Dalem Mesjid Gedhe Yogyakarta.

Baca Juga: Keraton Yogyakarta Memperingati 33 Tahun Wafat Sri Sultan Hamengku Buwono IX

Penghageng Kawedanan Pengulon KRT Jayaningrat mengatakan, berhbungan masih dalam situasi pandemi, Sabda Tama Ngarsa Dalem dan tausiyah pada puncak peringatan acara Hadeging Nagari akan direkam dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Kraton Jogja pada Hari Senin 3 Januari 2022 mulai pukul 20:30 WIB.

“Walaupun demikian, harapannya masyarakat tetap dapat mengikuti acara dan mendoakan akan keluhuran Keraton Yogyakarta dari tempat masing-masing,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *