Ulang Tahun ke-21, Baznas Kulon Progo Bagikan 2.100 Nasi Kotak

  • Whatsapp
nasi kotak baznas
Baznas Kulon Progo membagikan 2.100 nasi kotak. (Foto: BacaJogja)

Kulon Progo – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kulon Progo membagikan 2.100 nasi kotak kepada kaum duafa dan warga miskin di Bumi Binangun. Acara ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Baznas ke-21 tahun.

Wakil Ketua III Baznas Kulon Progo Giyanto mengatakan, hari ini, Senin 17 Januari Baznas tepat berulang tahun ke-21. “Kami memperingati dengan membagikan 2.100 nasi kotak bagi warga yang membutuhkan,” katanya di sela pembagian nasi kotak, Senin, 17 Januari 2022.

Read More

Baca Juga: Rakernas Baznas Menghasilkan Risalah Yogyakarta, Ini Isinya

Nasi kotak untuk makan siang dibagikan di tiga wilayah. Untuk wilayah utara dipusatkan di Samigaluh, wilayah Tengah di Kantor Baznas Kulon Progo dan selatan di Galur. Masing-masing wilayah dialokasikan 700 nasi kotak. Tujuannya agar distribusi bisa merata dan menjangkau seluruh Kulon Progo saat makan siang.

Giyanto mengatakan, bantuan ini menyasar seluruh elemen masyarakat, mulai tukang becak, tukang parkir, pedagang kaki lima, guru honorer hingga sopir angkutan maupun driver ojek online. Bantuan ini berasal dari zakat infak dan sedekah. “Dalam pembagian ini kami juga sosialisasikan keberadaan Baznas kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Cerita Korban Klitih di Kota Yogyakarta Terima Bantuan Pengobatan

Seoranng tukang becak, Arjowinardi mengaku bersyukur mendapat bantuan nasi kotak. Selama ini penghasilan harian tidak menentu, kadang tidak cukup untuk memenuhi kebuuhan harian. Bahkan perkembangan teknologi informasi menjadikan peran tukang becak kalah bersaing dengan ojek online. “Bantuan nasi kotak ini sangat membantu, setidaknya mengurangi pengeluaran untuk makan siang,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Baznas Widiastuti mengatakan, dana yang behasil dihimpun Baznas Kulon Progo mengalami peningkatan. Pada 2021 mencapai Rp10,3 miliar dari target Rp9 miliar. Jumlah ini mengalami peningkatan dibanding realisasi 2020 yang hanya Rp9,8 miliar. “Di Kulon Progo terbanyak dari zakat para ASN,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *