Empat Tips Agar Mag Tidak Kambuh Saat Puasa Ramadan

  • Whatsapp
ilustrasi sakit perut
ilustrasi sakit perut. (Foto: Klikdokter)

BacaJogja – Bagi penderita mag tidak perlu khawatir untuk menjalani ibadah puasa. Dengan empat tips yang dipaparkan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSA UGM Yogyakarta, Isti Haryani, bisa menjadi pegangan mag tidak kambuh selama puasa.

Dalam video edukasi berjudul “Tips Puasa bagi Penderita Mag”, Isti Haryani menjelaskan, kondisi lambung yang kosong memang dapat menaikkan asam lambung. Kondisi perut yang kosong selama lebih kurang 12 jam bisa membuat asam lambung bergejolak, memengaruhi lambung, dan area sekitarnya.

Read More

Baca Juga: Tips Memilih Makan Sahur Agar Tidak Lemas Berpuasa Menurut Pakar Gizi UGM

“Orang yang mengalaminya dapat merasa tidak nyaman, perut terasa penuh, terasa perih. Bahkan sampai menimbulkan rasa mual dan muntah,” katanya dalam sebuah video dipublikasikan melalui kanal YouTube pada Jumat, 15 April 2022.

Menurut dia, untuk mencegahnya setidaknya ada empat cara yang bisa dilakukan bagi penderita sakit mag agar saat menjalani puasa tidak kambuh. Apa saja keempat tips tersebut?

Baca Juga: Ragam Manfaat Olahraga bagi Orang Lanjut Usia

Pertama, jangan sampai melewatkan waktu makan sahur dan berbuka saat sudah tiba waktunya “Jadi usahakan berbuka puasa setepat waktu mungkin, supaya jangan sampai perut dalam kondisi kosong dalam waktu yang lama,” tutur dr. Isti Haryani

Kedua, makan dengan porsi secukupnya saja serta tidak makan dengan terburu-buru. Ketiga, tidak rebahan atau tiduran setelah makan. Hal ini memudahkan asam lambung naik dan mengakibakan keluhan nyeri atau rasa tidak nyaman.

Baca Juga: Strategi Jitu Agar Bisa Berinteraksi dengan Anak Autis

Keempat, mengosumsi makanan dan minuman yang ramah dengan lambung. Antara lain menghindari makanan berminyak seperti gorengan, menghindari makanan yang terlalu asam atau pedas, serta menjauhi minuman bersoda maupun minuman yang mengandung kafein. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *