Tips Memilih Makan Sahur Agar Tidak Lemas Berpuasa Menurut Pakar Gizi UGM

  • Whatsapp
ilustrasi sahur
Ilustrasi makan sahur. (Foto: ners.unair)

Yogyakarta – Ahli Gizi UGM Yogakarta Aviria Ermamilia membagikan tips memilih makanan sahur yang tepat agar tubuh tidak merasa lemas. Terkadang kurang tepat dalam mengkonsumsi saat sahur menjadikan tubuh lemas dan mudah merasa lapar saat menjalankan puasa.

Aviria mengatakan, tips pertama yang perlu dilakukan yakni mengupayakan saat makan sahur mendekati waktu imsak. Makanan yang dikonsumi bergizi dan seimbang. “Seimbang ini dalam arti ada karbohidrat, protein, sayur dan buah,” ucapnya, Senin, 4 April 2022.

Read More

Baca Juga: Daftar Lima Kuliner Takjil Ramadan Legendaris dan Khas di Yogyakarta

Dia menyarankan, saat makan sahur memilih makanan yang lambat dicerna. Misalnya, karbohidrat sebaiknya memilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, oat dan lainnya.

Dosen Departemen Gizi dan Kesehatan FKKMK UGM ini mengungkapkan, karbohidrat kompleks memerlukan waktu lama untuk dicerna sehingga membantu menjaga rasa puas. Hal ini membuat lebih lama saat istirahat.

Baca Juga: Pemkab Sleman Gelar Ramadan Great Sale, Cashback hingga 50 Persen

Lebih lanjut dia mengatakan, sebaiknya tidak lupa untuk tetap mengonsumsi protein seperti kacang-kacangan, daging, dan ikan. Selain itu, makanan kaya serat dari sayur dan buah-buahan serta konsumsi air putih dalam jumlah cukup sangat dianjurkan.

Makanan berserat memiliki manfaat yang baik bagi tubuh terutama untuk kebugaran. Pasalnya hal ini bisa menahan udara dan memberikan rasa kenyang.

Baca Juga: Anemia Bahaya bagi Ibu Hamil, Begini Cara Mencegahnya

Aviria mengungkapkan, saat sahur juga diupayakan membatasi makanan tinggi garam dan makanan awetan karena bisa meningkatkan intensitas rasa. “Makanan tinggi natrium atau garam dan awetan yang terlalu tinggi menjadikan tubuh menarik cairan dari sel. Ini akan menyebabkan dehidrasi,” jelasnya.

Untuk minuman, Aviria menyarankan menghindari minuman dengan efek diuretik atau memicu buang air kecil. “Menghindari minuman teh, kopi, mapun minuman bersoda saat sahur dapat terhindar dari dehidrasi saat beraktivitas,” paparnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *