Daftar Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah Wasapda Cuaca Ekstrem 22-24 April 2022

  • Whatsapp
banjir di purworejo
Ilustrasi banjir di Purworejo, Jawa Tengah. (Foto: Dok. BPBD Kabupaten Purworejo)

BacaJogja – Bada Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang merilis potensi cuaca ekstrem yang berpeluag terjadi di sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Tenga dalam tiga hari ke depan, mulai 22-24 April 2022.

Cuaca ekstrem ini berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia selatan Jawa Barat yang mengakibatkan terjadinya belokan angin dan pola konvergensi di wilayah Jawa Tengah. Serta anomali suhu muka laut di Samudera Hindia selatan Jawa dan Laut Jawa yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

Read More

Baca Juga: Yogyakarta Waspada Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan

Kelembaban udara yang relatif cukup tinggi turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia. “Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 22 – 24 April 2022,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang Sutikno, Kamis, 21 April 2022.

Adapun sejumlah di wilayah Jawa Tengah yang berpotensi mengalai cuaca ekstrem sebagai berikut:
Tanggal 22 April 2022
Banjarnegara, Banyumas, Blora, Boyolali, Cilacap, Grobogan, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Kab/Kota Magelang, Pati, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Salatiga, Kab. Semarang, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Brebes, Kota/Kab.Tegal dan sekitarnya.

Baca Juga: Musim Pancaroba Cuaca Ekstrem di Yogyakarta Diprediksi April

Tanggal 23 April 2022
Banjarnegara, Banyumas, Blora, Boyolali, Cilacap, Karanganyar, Kendal, Batang, Kab/Kota Magelang, Purbalingga, Purworejo, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Brebes, Kab. Tegal, dan sekitarnya.

Tanggal 24 April 2022
Banjarnegara, Banyumas, Blora, Boyolali, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Kab/Kota Magelang, Pati, Kab. Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Kota Semarang, Sragen, Sukoharjo, Surakarta, Kab. Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

Baca Juga: Delapan Cara Cerdas Menghadapi Cuaca Ekstrem Pancaroba

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung. “Warga diminta waspada terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *