Pedagang Pantai Pulang Sawal Gunungkidul Pingsan Dagangan dan Uang Tersapu Gelombang Pasang ke Laut

  • Whatsapp
pedagang pantai pulang sawal pingsan
Petugas menyadarkan korban yang pingsan akibat warungnya tersapu gelombang pasang di Pantai Pulang Sawal Gunungkidul. (Foto: Sarlinmas Wil II Baron)

BacaJogja – Gelombang pasang menerjang perairan Selatan Jawa pada Sabtu, 16 Juli 2022, salah satunya Pantai Pulang Sawal yang berada di Kalurahan/Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Seorang pedagang di pantai tersebut syok dan pingsan mendapati dagangan dan uangnya tersapu gelombang pasang ke laut. “Pedagang di Pantai Pulang Sawal alami shock dan pingsan setelah warungnya diterjang ombak besar pagi ini, Sabtu (16/7/22). Barang-barang serta etalase dan uang Rp4 juta di dalamnya hanyut ke laut,” tulis Twitter SAR Baron @SARSATLINMAS seperti dilihat BacaJogja.

Read More

Baca Juga: Waspada, Bulan Purnama Picu Potensi Banjir Rob Pantai Selatan Jawa 10-19 Juli 2022

Berdasarkan keterangan tertulis, korban diketahui bernama Riyem, 67 tahun, warga Jeruk, Kalurahan/Kapanewon Tepus, Gunungkidul. Kesehariannya merupakan pedagang yang beraktivitas di Pantai Pulang Sawal.

Seperti biasanya, korban mempersiapkan barang dagangannya dari bekal dari rumah disimpan di kotak etalase, termasuk uang tunai Rp4 juta.

Tiba-tiba tanpa disadari, gelombang pasang menerjang warung beserta seisinya seperti barang dagangan serta perabot warung. Kondisi warung rusak, sedangkan etalase yang berisi dagangan dan uang tunai Rp4 juta ikut hanyut ke laut.

Baca Juga: Pantai Depok Bantul Porak Poranda Diterjang Gelombang Tinggi

“Korban langsung syok melihat kejadian tersebut dan akhirnya pingsan. Petugas SAR langsung menolong korban,” kata Sekretaris SAR Satlinmas II Gunungkidul Surisdiyanto dalam keterangan tertulis, Sabtu, 16 Juli 2022.

Tak lama berselang, korban bisa sadar kemudian dibawa pulang oleh keluarga. “Saat ini korban dalam penanganan petugas medis,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan pendataan sementara yang dilakukan Satlinmas Wilayah Operasional II Baron, sejumlah warung di Pantai Pulang Sawal mengalami kerusakan akibat diterjang gelombang pasang.

Baca Juga: Gelombang Pasang Selatan Jawa Masih Potensi Terjadi Minggu 17 Juli 2022

Kerusakan yang terjadi di Pantai Pulang Sawal antara lain:
1. Resto indrayanti (kursi 4, meja makan 1, tong sampah 5)
2. Warung Mbah Riyem (etalase beserta berisi jajanan (rokok, topi, pop mie hanyut), uang tunai Rp4 juta, kursi 4, meja 2)
3. Griya Pesisir (pagar kayu sepanjang 10 meter rusak).
4. Warung Bintang Laut (kursi 2, dagangan topi dan kacamata 2 dosin)
5. Warung Pak Sukat (barang dagangan seperti sandal, baju, topi dan lainnya)
6. Warung Sukamti (barang dagangan seperti pakaian, sandal, topi dan lainnya, kursi dan meja kasir serta etalase warung). []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *