Penampakan Hiu Tutul 8 Meter Mati Terdampar di Congot Kulon Progo

  • Whatsapp
hiu tutul mati
Ikan hiu tutul dengan panjang 8 meter dan berat 3 ton ditemukan mati terdampar di muara Sungai Bogowonto, Congot, Kulon Progo, Yogyakarta. (Foto: Polda DIY)

BacaJogja – Ikan hiu tutul (Rhincodon Typus) berukuran besar ditemukan mati terdampar di muara Sungai Bogowonto, Congot, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta pada Selasa, 26 Juli 2022 malam.

Penemuan ikan berukuran jumbo ini menjadi perhatian publik. Ikan predator ini memiliki panjang 8 meter dan berat 3 ton. Banyak warga datang ke lokasi penemuan dan mengabadikan foto-foto ikan yang mati diduga akibat perburuan liar tersebut.

Read More

Baca Juga: Korban Terseret Ombak Pantai Congot Kulon Progo Belum Ditemukan

Kepala Markas Unit Congot Ditpolairud Polda DIY Bripka Sujaswanto mengatakan, sekitar pukul 06.00 WIB pagi mendapatkan laporan dari nelayan yang menemukan seekor Hiu Tutul terdampar. Pihaknya bersama anggota meluncur ke lokasi untuk melihat kondisinya dan berusaha mengembalikannya ke laut.

hiu tutul terdampar
Ikan hiu tutul dengan panjang 8 meter dan berat 3 ton ditemukan mati terdampar di muara Sungai Bogowonto, Congot, Kulon Progo, Yogyakarta. (Foto: Polda DIY)

“Namun, setelah dicek beberapa kali ternyata hiu tutul sudah mati. Markas Unit Congot bersama TIM Gabungan BKSDA, TNI AL dan Sarsatlinmas Wilayah Operasi V segera melakukan evakuasi,” katanya, Rabu, 27 Juli 2022.

Baca Juga: Bocah Dikabarkan Terseret Ombak Pantai Congot Kulon Progo

Bangkai ikan yang besar saat dikuburkan harus membutuhkan alat berat. Kebetulan di sekitar lokasi sedang ada proyek pembangunan break water yang menggunakan alat berat.

Pembuat lubang besar untuk mengubur bangkai ikan ini akhirnya menggunakan alat berat, begitu juga untuk menarik dan meletakkan ke dalam lubang.

hiu tutul congot
Ikan hiu tutul dengan panjang 8 meter dan berat 3 ton ditemukan mati terdampar di muara Sungai Bogowonto, Congot, Kulon Progo, Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulon Progo, Aris Widiatmoko mengatakan, ikan yang memiliki panjang 8 meter dan berat 2-3 ton ini saat ditemukan kondisinya sudah membusuk. Bangka dikubur menggunakan alat berat di sekitar lokasi penemuan.

Baca Juga: Warga Sukoharjo yang Terseret Ombak Pantai Drini Gunungkidul Belum Ditemukan

“Dikubut dengan alat alat berat, kebetulan ada proyek pembangunan break water sehingga dibantu membuat lubang dan menariknya ke lubang. Kondisinya sudah membusuk dan bau,” katanya.

hiu tutul mati terdampar
Ikan hiu tutul dengan panjang 8 meter dan berat 3 ton ditemukan mati terdampar di muara Sungai Bogowonto, Congot, Kulon Progo, Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

Polisi Hutan BKSDA Yogyakarta Gunadi mengatakan, ada luka pada tubuh satwa yang dilindungi ini. Namun kemungkinan bukan dari senjata api, melainkan dari jangkar atau tombak. Mata tombak seperti jangkar untuk menarik tubuh ikan guna dibawa ke perahu atau kapal.

Dia menduga luka itu yang menyebabkan kematian. “Ini masih praduga ya, jadi belum ada kepastian. Karena yang diincar itu adalah sirip. Karena siripnya itu paling laku,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *