Lapas Semarang Peringati Hari Pramuka, Bang Napi Jadi Petugas Upacara

  • Whatsapp
Lapas Semarang peringati Hari Pramuka
Sejumlah napi Lapas Semarang jadi petugas upacara di peringatan hari Pramuka. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang memperingati hari Pramuka ke-61. Peringatan ditandai dengan upacara bendera yang diikuti petugas dan warga binaan lapas. Sejumlah narapidana atau napi dilibatkan sebagai petugas upacara,

Lapas Semarang turut ambil bagian dalam memperingati hari Pramuka ke-61 tahun 2022, Senin, 15 Agustus 2022. Rangkaian kegiatan diawali dengan upacara bendera yang dipusatkan di lapangan serbaguna lapas. Upacara diikuti para pegawai dan perwakilan napi dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Narapidana turut ambil bagian menjadi petugas upacara dengan menggunakan seragam pramuka lengkap.

Read More

Baca juga: Viral TikTok Bendungan Urban Downhill di Semarang, Netizen: Warganya Keren

Kepala Lapas (Kalapas) Semarang, Tri Saptono Sambudji yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Lapas Semarang mengucapkan selamat Hari Pramuka ke-61 tahun 2022 kepada seluruh adik-adik anggota pramuka Lapas Semarang.

“Dengan peringatan hari Pramuka, kita harus tetap semangat, produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya dan selalu menjadi generasi muda yang terbaik,” ujar dia.

Menurut Kalapas, gelaran upacara sebagai upaya dalam menumbuhkan nasionalisme dan cinta tanah air, khususnya bagi para penghuni lapas. Bukan hanya pada momen hari Pramuka ini saja dilaksanakan upacara, upacara bendera setiap hari Senin selalu digelar dan diikuti para narapidana.

Selain upacara bendera, peringatan hari Pramuka juga diperlihatkan di layanan kunjungan. Tim pramuka Lapas Semarang diperbantukan untuk mengawasi jalannya pelaksanaan tatap muka keluarga narapidana dengan warga binaan.

“Mereka kita latih untuk mengabdi dan melayani para keluarga narapidana yang berkunjung ke lapas. Dengan membawakan barang bawaan makanan, pengecekan berkas kunjungan serta pengawasan area kunjungan,” lanjut Tri Saptono.

Baca lainnya: Digagalkan, Penyelundupan Pil Koplo Dicampur Orek Tempe ke Lapas Semarang

Dalam kesempatan itu, Kalapas berpesan kepada narapidana untuk selalu mengisi kegiatan positif selama di lapas, salah satunya dengan pembinaan kepribadian dalam bidang kepramukaan.

Sekadar informasi, Gugus Depan 07.131 yang berpangkalan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang telah terbentuk sejak tanggal 12 Agustus 2015. Dikukuhkan oleh Dewan Kehormatan Kwartir Cabang Kota Semarang. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *