Jangan Lupa, Nanti Malam Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra

  • Whatsapp
Yogyakarta Royal Orchestra
Yogyakarta Royal Orchestra. (Foto: Dok. Kraton Jogja)

BacaJogja – Keraton Yogyakarta menggelar konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra pada Sabtu, 27 Agustus 2022 muali pukul 19.00 WIB. Lokasi konser di Kagungan Dalem Bangsal Pancaniti-Kamandhungan Ler (area Plataran Keben), Karaton Yogyakarta.

Konser ini merupakan penutup semarak peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar Keraton Yogyakata. Sebelumnya menggelar Pentas Musikan Kamardikan yang menampikan tim ansambel tiup Yogyakarta Royal Orchestra.

Read More

Baca Juga: Info Konser Jogja: Lokasi Keraton, Nglanggeran dan Tebing Breksi Sleman

KPH Notonegoro, Penghageng Kawedanan Kridhamardawa yang menaungi Yogyakarta Royal Orchestra mengatakan, Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra kali ini menghadirkan 11 repertoar. Gendhing Gati Mardika sebagai pembuka akan hadir dengan berkolaborasi bersama Abdi Dalem Wiyaga Kawedanan Kridhamardawa, disusul lagu Api Kemerdekaan, Dari Sabang Sampai Merauke, Pahlawan Merdeka, Syukur, dan Tekad yang akan berkolaborasi dengan Vocalista Harmonic Choir dari ISI Yogyakarta.

“Kemudian akan hadir 2 repertoar yang menjadi kolaborasi Yogyakarta Royal Orchestra dengan solois saxophone yang merupakan Abdi Dalem Musikan, MJ. Praptowaditro, yang akan membawakan lagu Tanah Airku dan Sepasang Mata Bola,” katanya dalam siaran pers, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Baca Juga: Harga Tiket Keroncong Plesiran di Nglanggeran Gunungkidul 10 September 2022

Lagu Kebyar Kebyar akan hadir dengan duet vokal alto oleh Okky Kumala Sari, seorang vokalis band pop- keroncong asal Jogja, Remember Entertainment dan vokal tenor Daniel Christianto, seorang solois vokal yang telah banyak bernyanyi di konser orkestra dan opera berskala nasional maupun internasional.

Disusul kemudian penampilan lagu Hari Merdeka yang juga akan berkolaborasi dengan Vocalista Harmonic Choir. Sebagai penutup, akan hadir kembali kolaborasi antara Yogyakarta Royal Orchestra dengan Abdi DalemWiyaga Kawedanan Kridhamardawa yang akan membawakan Gendhing Bubaran “Arum-Arum”.

Baca Juga: Mau Diskon 20 Persen Tiket Konser Dream Theater di Solo? Caranya Mudah!

KPH Notonegoro mengatakan, konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra ini juga menjadi saksi bersejarah Lembaga Sertifikasi Profesi Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Pada acara ini, rencananya akan diserahkan sertifikat lisensi LSP Keraton Yogyakarta Ketua BNSP secara langsung kepada Sri Sultan Hamengku Buwono X.

“Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra ini akan menjadi konser yang istimewa karena tak hanya menjadi momentum merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia, namun juga menjadi saksi bersejarah LSP Keraton Yogyakarta yang akan mendapatkan sertifikat lisensinya,” jelasnya.

Baca Juga: NdarBoy Genk, Denny Caknan, Yan Vellia Konser di Tebing Breksi

LSP Keraton Yogyakarta merupakan lembaga pendukung BNSP yang bertanggung jawab melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi. Lembaga ini dibentuk oleh asosiasi profesi dan sudah berbadan hukum serta teregister oleh BNSP. Lembaga ini mempunyai tugas mengembangkan skema uji kompetensi, melaksanakan uji kompetensi, menerbitkan sertifikat kompetensi serta melakukan verifikasi tempat uji kompetensi.

LSP Keraton Yogyakarta merupakan lembaga muti sektor yaitu sektor/bidang Seni, Budaya, Rias Pengantin dan Pariwisata, dengan 14 skema sertifikasi seperti: Penari Gaya Yogyakarta Putra dan Putri; Penyaji Karya Tari; Dalang (Teater Wayang); Wiyogo (Karawitan Pakeliran); Penata Rias Pengantin; dan sebagainya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *