Capaian Booster di Sleman 43 Persen, BINDA DIY Terus Genjot Vaksinasi

  • Whatsapp
pendaftaran vaksinasi
Peserta vaksinasi saat mendaftarkan didir menjadi peserta vaksinasi di Sleman City Hall. (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – Badan Intelijen Negara Daerah Istimewa Yogyakarta (BINDA DIY) terus melakukan percepatan vaksinasi booster di DIY. Salah satunya di Kabupaten Sleman yang saat ini capaiannya 43 persen.

Koordinator Vaksinasi BINDA DIY Adi Riyanto mengatakan, BINDA DIY terus menggenjot vaksinasi booster. “Harapannya bisa ikut andil meningkatkan capaian vaksinasi di DIY sesuai arahan dari Ngarso Dalem Gubernur DIY,” katanya di sela vaksinasi dosis 1, 2 dan booster di Sleman City Hall, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Read More

Baca Juga: Selain Sleman City Hall, Hari Ini Vaksinasi Booster juga Digelar Lima Kalurahan

Menurut dia, saat ini menjadi kesempatan bagus untuk mengenjot vaksinasi booster. Hal ini seiring dengan pemberlakuan wajib vaksin dosis ketiga saat masuk di ruang publik seperti tempat wisata. Kewajiban harus sudah vaksinasi booster itu telah tertuang dalam Surat Edaran (SE) Mendagri Nomor 440/3917/SJ tentang Percepatan Vaksinasi Dosis Lanjutan (Booster) Bagi Masyarakat.

Dalam SE itu dinyatakan booster sebagai persyaratan memasuki fasilitas publik; seperti perkantoran, pabrik, taman umum, tempat wisata, lokasi seni dan budaya, restoran, kafe, pusat perbelanjaan dan area publik.

Baca Juga: BINDA DIY Turut Andil Percepatan Vaksinasi Booster Tingkat Kalurahan di Sleman

“Dengan adanya aturan syarat wajib masuk tempat publik dan tempat wisata harus booster ini menjadi peluang untuk menggenjot vaksinasi. Permintaan vaksinasi booster sangat meningkat,” jelas Adi.

Menurut dia, peluang adanya booster menjadi syarat merupakan upaya yang dilakukan BINDA DIY sebagai bentuk kepedulian. “Apalagi sekarang kasus Covid-19 naik, booster menjadi salah satu untuk meminimalisasi keparahan,” ucapnya.

Baca Juga: Jadwal Vaksinasi Booster Tiap Kalurahan di Sleman Agustus – September 2022

Vaksinasi booster di Sleman City Hall ini mendapat respons positif dari warga. Salah satunya diungkapkan oleh Sri Lestari, 45 tahun, peserta vaksinasi booster.

Dia mengaku awalnya belum tahu ada vaksinasi booster di SCH. Saat itu, dia datang ke SCH bersama suami niatnya hanya untuk belanja. Ternyata ada informasi vaksinasi massal untuk masyarakat umum.

“Saya cek di dompet bawa KTP dan kartu vaksin (dosis 1 dan 2), lalu daftar dan ternyata bisa ikut vaksin. Jadi syaratnya mudah, cukup bawa KTP, kartu vaksin bisa ikut vaksinasi,” jelasnya.

Baca Juga: Vaksinasi Booster BINDA DIY, Bisa Langsung Daftar di Lokasi dan KTP dari Mana Saja

Sementara itu, selain di SCH, vaksinasi booster pada hari yang sama juga digelar di lima kalurahan di Kabupaten Sleman. BINDA DIY juga turut ambil bagian dalam vaksinasi di tingkat kalurahan tersebut.

Adapun kelima kalurahan tersebut yakni Kalurahan Candibinangun Pakem, Kalurahan Argomulyo Cangkringan, Kalurahan Sumberagung Moyudan, Kalurahan Sendangarum Minggir dan Kalurahan Glagahharjo Cangkringan. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *