Umat Gereja St. Maria Assumpta Pakem Sleman Misa Pakai Baju Adat Nusantara

  • Whatsapp
misa gereja pakem sleman
Para Dewan Paroki Gereja St. Maria Assumpta Pakem selesai dilantik menjadi pengurus Dewan Pastoral, 27 November 2022. Jemaat memakai pakaian adat Nusantara.(Foto: Istimewa)

BacaJogja – Gereja St. Maria Assumpta, Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta merayakan HUT yang ke-66 dengan berbagai rangkaian acara. Pada Minggu, 27 November 2022 Paroki St. Maria Assumpta Pakem, Sleman, Yogyakarta menggelar Misa Kebangsaan dalam puncak acara HUT.

Di ulang tahun ke-66 Gereja mengusung tema ‘Semakin Pasrah Pada Tuhan Semakin Mengasihi Sesama dan Lingkungan’. Misa Kebangsaan adalah perayaan Ekaristi atau misa dengan menggunakan pakaian adat Nusantara seperti Bali, Sumatera, Kalimantan, Flores, Adat Jawa dan lainnya.

Read More

Baca Juga: Suasana Perayaan Ekaristi di Santa Theresia Lisieux Boro Kulon Progo

Selain itu lagu dan doa yang digunakan pada perayaan ekaristi di Gereja Maria Assumpta Pakem divariasi dengan bahasa-bahasa daerah seperti Manggarai, Jawa, Sunda dan Batak.

Acara ini juga sekaligus pelantikan Dewan Pastoral Paroki St. Maria Assumpta Pakem 2023-2025. Perayaan Ekaristi Kebangsaan dipimpin oleh Romo Vikep Kevikepan Jogja Barat yaitu Romo AR Yudono Suwondo, Pr dan 2 Romo Paroki St Maria Assumpta Pakem Rm. Antonius Banu Kurnianto, Pr, Rm. Tarcicius Insaf Santosa, Pr.

Baca Juga: Sterilisasi 12 Gereja Jelang Ibadah Misa Paskah di Sleman

Dalam kotbahnya Rm Wondo mengatakan, “Dengan Baptis, Krisma dan Ekaristi kita dipanggil untuk mengembangkan gereja. Ada yang menjadi dewan paroki, berdoa, mendoakan untuk paroki, mendoakan Nusa Bangsa. Itu semua akan menjadi spirit kita sebagai umat beriman karena Baptis, Krisma, Ekaristi kita dipanggil untuk menjalankan tugas Kristus”.

misa gereja pakem
Pemotongan tumpeng Ulang Tahun ke-66 Gereja St.Maria Assumpta Pakem oleh Rm. AR Yudono Suwondo, Pr, Minggu, 27 November 2022. (Foto: Istimewa)

Sebanyak kurang lebih 44 umat yang dilantik sebagai Dewan Pastoral Paroki St.Maria Assumpta Pakem. “Untuk semua umat dokanlah mereka dan dukunglah mereka, selamat untuk Dewan Pastoral yang dilantik atas tugas kepercayaan ini dan selamat menjalankan tugas tugas dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab dan rasa syukur,” katanya.

Baca Juga: 94 Tahun Paroki Boro Kalibawang Kulon Progo Menampilkan Seni Slaka

Semua umat mengikuti Misa dengan khidmat dan penuh rasa syukur atas ulang tahun gereja yang ke 66. “Semoga nilai-nilai kebangsaan yang kita perjuangkan akan kita perjuangkan bersama sama. oleh karena itu apa yang kita lakukan dengan masyarakat, dengan misa kebangsaan semuanya itu sungguh mengesankan penuh suka cita dan kegembiraan,” kata Rm. insaf Santoso,Pr.

Dia berharap agar semua umat memperjuangkan nilai nilai kebangsaan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. []

Artikel dikirim oleh Brigta Mutiara Putri mahasiswi prodi Public Relations ASMI St. Maria Yogyakarta

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *