KAI Resmi Operasikan KA Blambangan Ekspres, Layani Semarang-Banyuwangi PP

  • Whatsapp
KA Blambangan Ekspres Semarang Banyuwangi
Peluncuran perdana KA Blambangan Eksrpes ditandai dengan pemotongan pita oleh Plt Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Kepala KAI Daop IV Semarang Wisnu Pramudyo. (Foto: Gus Mul)

BacaJogja – PT KAI meresmikan pengoperasian KA Blambangan Ekspres, Jumat, 2 Desember 2022. Launching kereta api kelas ekonomi dan eksekutif ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Plt Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Kepala KAI Daop IV Semarang Wisnu Pramudyo.

“Patut disyukuri hari ini kita menyaksikan bersama-sama peluncuran perdana KA Blambangan Ekspres relasi Semarang Tawang – Ketapang Banyuwangi PP. KAI terus berinovasi dengan menghadirkan kereta api relasi baru untuk mempermudah konektivitas masyarakat dari arah Semarang menuju Jember hingga Ketapang dan sebaliknya,: kata Wisnu saat peluncuran KA Blambangan Ekspres di Stasiun Tawang, Semarang, Jumat, 2 Desember 2022.

Read More

Baca juga: KAI Luncurkan KA Blambangan Ekspres Semarang-Banyuwangi, Berangkat Perdana 2 Desember

Menurut Wisnu, perjalanan KA Blambangan Ekspres dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan pelanggan mengingat selama ini belum ada perjalanan kereta api dari Semarang ke Banyuwangi maupun sebaliknya.

Selain itu, bisa berdampak positif di sektor pariwisata bagi Kota Semarang dan Banyuwangi serta daerah lain yang dilalui. Hadirnya KA Blambangan Ekspres akan memberi kemudahan masyarakat untuk berwisata di sejumlah destinasi seperti Kawah Ijen, Taman Nasional Baluran, Pantai Pulau Merah, Teluk Hijau dan tempat wisata lain di Banyuwangi.

“Penamaan Blambangan Ekspres terinspirasi dari salah satu nama kerajaan yang pernah berkuasa di Jawa Timur, Harapannya kereta api ini akan besar dan berjaya seperti kerajaan tersebut,” ujar dia.

Di masa libur Natal dan Tahun Baru, KA Blambangan Ekspres akan melayani tiap hari mulai  tanggal 2, 3, 4, 9, 10, 11, 16, 17, 18, dan 22 sampai 31 Desember 2022. Tahap selanjutnya akan melayani di weekend. Jika permintaan terus meningkat maka tidak menutup kemungkinan diberangkatkan saban hari.

Kereta api ini berangkat dari Tawang Semarang pukul 18.05 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang, Banyuwangi pada 04.40 WIB. Sedangkan pemberangkatan dari Ketapang pukul 19.30 WIB dan tiba di Semarang 05.44 WIB.

Penumpang bisa mendapat harga tiket promo dengan kuota terbatas sampai tanggal 18 Desember 2022. Tiket kelas ekonomi dibanderol hanya dengan harga  Rp150 ribu dan kelas eksekutif Rp 250 ribu.

Baca lainnya: KAI Siapkan 24 KA Tambahan di Masa Nataru, Simak Jadwal dan Rutenya

Plt Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyambut positif inovasi pelayanan KAI Daop IV Semarang. Baginya KA Blambangan Ekpres akan meningkatkan konektivitas bisnis dan pariwisata masyarakat Semarang dan Banyuwangi ataupun dengan daerah lain yang dilalui kereta tersebut.

“Pelaku wisata harus bisa menangkap peluang ini. Apalagi nanti di 2023 Semarang bakal sering disinggahi kapal cruise. Sehingga kedepannya kami berharap tidak hanya weekend tapi bisa tiap hari karena banyak pula kepentingan bisnis yang bisa terlayani,” ujar dia. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *