Lokasi di Yogyakarta yang Hujan Lebat pada Malam Tahun Baru 2023

  • Whatsapp
hujan lebat
Ilustrasi hujan lebat di Yogyakarta. (Foto: Facebook/Istimewa)

BacaJogja – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berpotensi mengalami cuaca ekstrem dalam tiga hari ke depan, 30 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

Begitu juga pada malam Tahun Baru 2022 diperkirakan sebagian besar wilayah DIY diguyur hujan lebat. Daerah tersebut yakni Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul bagian utara, Kulon Progo bagian utara dan Gunungkidul bagian utara hingga tengah.

Read More

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta Warjono menjelaskan, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, anomali suhu muka laut terpantau positif di Laut Jawa dan Samudera Hindia Selatan Jawa yakni 1.0 °C sampai dengan +2.5 °C, Indeks ENSO di Nino 3,4 bernilai -0.61 yang menyebabkan potensi peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia.

Baca Juga: Event Malam Tahun Baru di Sleman, Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul

Selain itu, terpantau adanya pusat tekanan udara rendah di Barat Laut Australia yang menyebabkan terbentuknya wilayah konvergensi (pertemuan massa udara) di sepanjang pulau Jawa sehingga memicu peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah D.I Yogyakarta.

Profil vertikal kelembapan udara di lapisan-lapisan pembentukan awan yang relatif cukup tinggi >80 persen dan labilitas lokal yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia termasuk D.I Yogyakarta.

Baca Juga: 344 Destinasi Wisata Yogyakarta Sambut Liburan Wisatawan Natal dan Tahun Baru

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG D.I Yogyakarta memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk periode tanggal 30 Desember 2022 – 1 Januari 2023 dapat terjadi di wilayah D.I Yogyakarta sebagai berikut:

Tanggal 30 Desember 2022
Sleman, Kulon Progo dan Gunungkidul bagian utara hingga tengah.

Tanggal 31 Desember 2022
Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul bagian utara, Kulon Progo bagian utara dan Gunungkidul bagian utara hingga tengah.

Tanggal 1 Januari 2023
Sleman, Kulon Progo bagian utara dan Gunungkidul bagian utara hingga tengah.

Baca Juga: Kapolda DIY Ungkap Empat Kerawanan Natal dan Tahun Baru di Yogyakarta

Warjono mengatakan, terkait kondisi tersebut, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi.

“Potensi bencana hidrometeorologi meliputi banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi,” jelasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *