344 Destinasi Wisata Yogyakarta Sambut Liburan Wisatawan Natal dan Tahun Baru

  • Whatsapp
Loko Cafe Malioboro Yogyakarta. (Foto: Facebook/Tri Joko)

Bacajogja – Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia. Dinas Pariwsata DIY memastikan seluruh objek wisata di Yogyakarta siap menyambut wisatawan pada liburan Natal 2022 dan Tahun 2023 ini.

Kepala Dinas Pariwisata Singgih Raharjo mengatakan, di provinsi berstatus Istimewa ini terdapat 344 destinasi wisata yang siap dikunjungi wisatawan. Dari jumlah itu merupakan 153 desa atau kampung wisata di DIY yang juga siap melayani wisatawan dengan baik. “Kami sudah memastikan kesiapan seluruh destinasi wisata tersebut,” katanya.

Read More

Baca Juga: Jadwal 8 Perjalanan KA Prameks Jogja-Kutoarjo pada Masa Nataru 2022-2023

Menurut dia, desa wisata saat ini menjadi tren setelah pandemi Covid-19 mereda. Yogyakarta juga sudah mempunyai desa wisata yang berkelas internasional, bahkan beberapa desa wisata mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI melalui Anugerah Desa Wisata. “Para wisatawan sangat ingin beraktivitas di desa wisata,” ungkapnya.

Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bobby Ardyanto Setyo Ajie mengatakan, prediksi jumlah wisatawan yang datang di Yogyakarta akan lebih tinggi dibanding tahun 2019 atau sebelum pandemi. “Kemungkinan animo wisatawan yang akan datang ke DIY lebih tinggi dibanding 2019,” kata Bobby.

Baca Juga: Daftar Event Spektakuler Malam Tahun Baru 2023 di Yogyakarta

Dia memastikan setiap hotel di DIY juga mengaku siap menyambut wisatawan termasuk informasinya. “Setiap front desk di hotel sudah menyiapkan beberapa hal yang akan menjadi infomasi untuk wisatawan yang datang ke hotel tersebut,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menyatakan, mengenai proyeksi jumlah kendaraan, diperkirakan naik 54,62 persen untuk kendaraan yang masuk ke wilayah DIY. Pihaknya telah menyiapkan sarana trasnportasi untuk wisatawan maupun warga lokal.

Baca Juga: Sederet Event Keren Pengisi Hari Minggu Anda di Yogyakarta

Terkait angkutan jalan sudah siap 1.275 kendaraan, terdiri dari AKAP, AKDP, pariwisata, taksi, dan Trans Jogja. Kemudian angkutan kereta api terdapat 71 rangkaian reguler, dan ada tambahan 24 rangkaian. Seihingga total ada 95 rangkaian kereta api yang akan melayani masa libur Natal dan Tahun Baru ini. “Sedangkan untuk angkutan udara tidak ada tambahan movements,” katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda DIY Yulianto menyampaikan, Polda DIY telah mengkoordinasikan pelayanan masyarakat dalam rangka Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Sedikitnya ada 2.052 personel telah disiapkan Polda DIY dalam mengupayakan keselamatan masyarakat. “Selaitu itu juga ditambah tenaga-tenaga yang selama ini melaksanakan tugas rutin seperti biasanya,” ujarnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *