Yayasan Mother Sunita Love Sumbang Pakan Satwa Semarang Zoo

  • Whatsapp
Semarang zoo
Owner Yayasan Mother Sunita Love, Nico (kanan) menyerahkan bantuan pakan satwa ke Direktur Semarang Zoo, Choirul Awaludin, Minggu, 5 Maret 2023. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Yayasan Mother Sunita Love memberikan bantuan pakan untuk satwa yang ada di Semarang Zoo. Bantuan pakan tersebut berbentuk buah dan sayuran untuk hewan herbivora.

Owner Yayasan Sunita Love, Nico memberikan bantuan pakan untuk satwa koleksi Semarang Zoo, Minggu, 5 Maret 2023. Bantuan ragam jenis sayuran dan buah ini diterima langsung oleh Direktur Semarang Zoo, Awaludin.

Read More

“Hari ini kami memberikan bantuan sayur dan buah, totalnya sekitar 1,3 ton,” ujarnya di sela kegiatan penyerahan donasi pakan satwa Semarang Zoo.

Baca juga: Gajah Sekar Semarang Zoo Mati, Berawal Sakit Gigi

Menurut Nico, yayasan yang dipimpinnya selama ini memang intens dalam memberikan donasi pakan satwa, khususnya jenis herbivora, di sejumlah kebun binatang di Tanah Air. Tidak hanya Semarang Zoo, bantuan serupa juga kontinyu diberikan ke pengelola kebun binatang yang ada di Solo, Yogyakarta maupun di Jawa Barat.

“Satu bulan sekali kami menyuplai bantuan pakan ke satu zoo. Sesuai kebutuhan masing-masing zoo tersebut. Karena percuma kami memberikan kalau itu tidak dibutuhkan. Jadi sesuai request dari pihak zoo,” beber dia.

Khusus Semarang Zoo, Mother Sunita Love sudah menyuplai bantuan pakan hingga lima kali, terhitung sejak pandemi Covid-19 pada 2021.

“Kami membantu untuk kebutuhan pangan satwa herbivora selama seminggu, karena risiko tidak tahan lama. Jenis sayuran dan buahnya tergantung dari permintaan pengelola kebun binatang,” katanya.

Nico menambahkan aksi sosial yang dilakukan semata bentuk kepedulian atas kelangsungan hidup satwa di kebun binatang. Telebih di keyakinan yang dianut mewajibkan ia sebagai umat Hindu untuk memperlakukan hewan dan tumbuhan sama dengan manusia.

“Ajaran Hindu, manusia, tumbuhan dan binatang derajatnya sama. Jika kita memperlakukan manusia dengan layak, maka perlakuan ke binatang pun harus layak. Makanya donasi yang kami berikan harus standar kualitas manusia, bukan sayur reject, mengaktualisasi dari pemahaman yang kami anut. Kebetulan saya juga pecinta hewan,” imbuhnya.

Direktur PT Taman Satwa Semarang, Choirul Awaludin mengapresiasi aksi nyata yang dilakukan Nico dan yayasan yang dipimpinnya. Bagi Semarang Zoo, bantuan tersebut sangat berati bagi kelangsungan hidup satwa yang ada.

“Kami mengucapkan terima kasih sebesarnya. Karena di negara kita jarang ada orang yang peduli terhadap zoo, beliau adalah salah satu orang yang punya kepedulian terhadap zoo, salah satunya Semarang Zoo,” kata dia.

Baca lainnya: Penyebab Banjir di Jalan Protokol Kota Semarang

Diketahui, koleksi satwa Semarang Zoo saat ini ada sekitar 280 ekor hewan, baik yang makan sayur dan buah maupun daging. Taman satwa yang berlokasi di perbatasan Kota Semarang-Kendal ini memberi kesempatan yang luas bagi siapapun yang peduli terhadap kelangsungan hidup satwa, baik donasi pakan maupun lainnya. Lewat strategi tersebut, Semarang Zoo mampu bertahan di tengah himpitan dampak pandemi Covid-19.

“Salah satunya melalui program satwa asuh. Sehingga kami saat pandemi itu kami masih bisa bertahan meski tanpa pengunjung,” pungkas Awaludin. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *