Dayasos Citra Korporat dan Komunitas Terimakasih Indonesia Luncurkan Community for Sustainability

  • Whatsapp
zoom meeting
Pelatihan yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting, Kamis, 10 Agustus 2023. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Lebih 100 peserta mengikuti Pelatihan Manajemen Media Sosial dan Produksi Kreatif Konten. Pelatihan ini merupakan awal dari peluncurkan program Community for Sustainability yang digagas Yayasan Dayasos Citra Korporat dan Komunitas Terimakasih Indonesia, serta didukung PT PLN.

Penanggung Jawab Program dari Yayasan Dayasos Citra Korporat, Pranasik Faihaan, menuturkan pelatihan ini merupakan jembatan penghubung bagi media komunitas dan petani muda untuk mempromosikan narasi positif di sektor pertanian.

Read More

“Program pelatihan ini adalah rangkaian dari Community for sustainability, memberikan kesempatan pada teman-teman komunitas untuk dapat memberikan narasi-narasi positif dan saling berkolaborasi terkait dengan Electrifying Agriculture,” ucapnya saat membuka acara pelatihan, Kamis, 10 Agustus 2023.

Baca Juga: Ajak Demo Kecam Rocky Gerung, Warganet Ini Malah Dirujak di Medsos

Dalam pelatihan ini, Komunitas petani muda dan media komunitas di lima provinsi dilibatkan dalam Pelatihan yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting, Kamis, 10 Agustus 2023. Lima provinsi tersebut yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan. Dua Praktisi Dihadirkan Pada Program Community For Sustainability

Acara ini juga dihadiri perwakilan dari PT PLN sekaligus sebagai pemateri. Dua perwakilan yakni Manajer Strategi Komunikasi PLN, Richardus Sigit Pandu Kusumawardana, dan Manajer Retail dan Bisnis PT PLN, Megantara Vilanda. Mereka menjelaskan mengenai pertanian berkelanjutan dan ‘Electrifying Agriculture’.

Baca Juga: Kemenkominfo Gelar Talkshow Promosi Komunitas lewat Medsos di Bantul

Pelatihan Manajemen Media Sosial dan Produksi Konten diisi oleh dua praktisi yang ahli dibidangnya. Pada sesi pertama, pelatihan disampaikan oleh Social Media Strategic, Almaz Shabrina, yang memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun di bidangnya.

Almaz menyampaikan langkah-langkah menyusun editorial plan, mulai dari menurunkan isu, menentukan pesan kunci, hingga membuat perencanaan konten yang lebih sistematis.

Sesi pertama, peserta diberikan kesempatan untuk langsung praktik membuat perencanaan konten berkualitas, tips-tips yang diperlukan, hinnga Copy Writing. Sesi kedua, CEO Omah Podcast, Nizar Miftah, menjelaskan tentang proses produksi short video yang saat ini tengah menjadi tren di berbagai platform digital.

Baca Juga: 88,99 Persen Anak Indonesia Akses Internet untuk Medsos, Ini Bahayanya

Para peserta diberikan pemahaman mengenai cara membuat konten berbasis video dan foto, sekaligus memahami karakter masing-masing platform. Peserta juga diberikan pemahaman dan praktik langsung mengenai bagaimana mengintegrasikan konten di berbagai platform yang berbeda.

Optimalisasi pelatihan media sosial tersebut, diharapkan mampu bergerak secara efektif dan efisien di sektor pertanian. Upaya modernisasi ini juga berpotensi menjadi magnet bagi anak muda, untuk mau turut serta mengembangkan sektor pertanian. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *