Prajurit TNI LANAL Pentas di Srimanganti Keraton Yogyakarta

  • Whatsapp
Prajurit TNI LANAL
Prajurit TNI LANAL Pentas di Srimanganti Keraton Yogyakarta dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI AL. (Foto: Kraton Jogja)

BacaJogja – Pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) Yogyakarta pentas di Srimanganti Keraton Yogyakarta. Tim karawitan dan tari yang terdiri dari prajurit TNI AL yang bermarkas di LANAL Yogyakarta menampilkan serangkaian gendhing uyon-uyon dan tarian di Bangsal Srimanganti Keraton Yogyakarta pada Selasa, 12 September 2023.

KPH Notonegoro, Penghageng Kawedanan Kridhamardawa mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI AL pada Minggu 10 Oktober 2023. Penampilan LANAL Yogyakarta kali ini sebenarnya salah satu buah dari proses panjang kemitraan kami dengan TNI Angkatan Laut, khususnya dengan Pangkalan TNI AL Yogyakarta.

Read More

Baca Juga: Harga Tiket dan Jadwal Pentas Paket Wisata Srimanganti Keraton Yogyakarta September 2023

“Kebetulan markas komando LANAL Yogyakarta ini memiliki seperangkat gamelan, dan teman-teman TNI AL di Yogyakarta sangat tertarik untuk belajar seni karawitan dan tari. Dari akhir tahun 2022 lalu kami sudah mulai berdiskusi, namun baru mulai Februari 2023 lalu realisasi untuk proses latihan di Mako LANAL Yogyakarta,” katanya seperti dikutip laman Kraton Jogja, Jumat, 6 Oktober 2023.

Sinergi ini sudah berlanngsung lama. Itu ditandai usai penyerahan Gendhing Gati Marinir dari Sri Sultan Hamengku Bawono Ka 10 kepada Komandan Korps Marinir Mayjen TNI Marinir Suhartono, M. Tr (Han) dalam peringatan HUT ke-75 TNI AL di Jakarta pada 2020.

Baca Juga: Jadwal Pentas Paket Wisata Srimanganti Keraton Yogyakarta Agustus-September 2023

Maka Keraton Yogyakarta melalui Kawedanan Kridhamardawa kembali menunjukkan sinergi dengan korps marinir Indonesia melalui Pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) Yogyakarta.

Program kemitraan berupa latihan seni karawitan dan tari di Mako LANAL Yogyakarta, Jalan Melati Wetan, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta dengan pengajar Abdi Dalem Wiyaga dan Mataya dari Kawedanan Kridhamardawa berlangsung setiap hari Selasa dan Jumat.

Adapun salah satu hasil yang ingin dicapai dalam latihan selama kurang lebih 7 bulan adalah tampil di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti pada Pentas Paket Wisata Srimanganti dalam rangka peringatan HUT ke-78 TNI Angkatan Laut di September 2023.

Baca Juga: Jadwal Pentas Paket Wisata Srimanganti Keraton Yogyakarta Juni 2023 dan Harga Tiket

Nyi MJ Rimongsarimatoyo, Abdi Dalem Mataya mengaku terharu selama membersamai latihan baik karawitan maupun tari di Mako LANAL Yogyakarta. “Kami terharu melihat semangat dari bapak ibu dan teman-teman korps marinir yang begitu antusias belajar seni tradisi klasik gaya Yogyakarta,” katanya

Koordinator program kemitraan Kawedanan Kridhamardawa dengan LANAL Yogyakarta ini mengungkapkan, dalam proses belajar bersama ini, tidak hanya teman-teman LANAL yang belajar kesenian. “Tapi kami pun jadi belajar mengenai profesionalisme dan etos kerja (dari LANAL Yogyakarta),” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *