Prajurit TNI AL Pentas Gendhing Uyon-uyon di Srimanganti Keraton Yogyakarta

  • Whatsapp
pentas srimanganti keraton
Pementasan pajurit TNI AL di Srimanganti Keraton Yogyakarta. (Foto: Kraton Jogja)

BacaJogja – Pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) Yogyakarta pentas di Srimanganti Keraton Yogyakarta. Tim karawitan dan tari yang terdiri dari prajurit TNI AL yang bermarkas di LANAL Yogyakarta menampilkan serangkaian gendhing uyon-uyon dan tarian di Bangsal Srimanganti Keraton Yogyakarta pada Selasa, 12 September 2023.

Dengan berbusana Jawa sesuai dengan pranatan (aturan) di dalam Keraton Yogyakarta, para prajurit TNI AL membawakan beberapa gendhing seperti: Ladrang Sigromangsah Laras Slendro Pathet Manyura, Ladrang Kumandhang Laras Pelog Pathet Barang, Ladrang Kenya Wibawa Laras Slendro Pathet Sanga, dan Ladrang Sri Widodo minggah Ketawang Mijil Wedharingtyas Laras Pelog Pathet Barang.

Read More

Baca Juga: Semarang Music Fashion Festival, Ajang Kreasi Seni Budaya Pelajar SMP

Selain serangkaian gendhing uyon-uyon, sekitar pukul 10.30 WIB, hadir pula penampilan Tari Golek Sulung Dayung yang ditarikan oleh para prajurit perempuan Angkatan.

Penampilan dari LANAL Yogyakarta ini selesai sekitar pukul 12.00 WIB, diakhiri dengan sesi foto bersama dengan Paspotmar LANAL Yogyakarta Mayor Laut (K/W) Herlin Hestiowati, A.Md., seluruh anggota LANAL Yogyakarta yang hadir di Keraton Yogyakarta, serta Abdi Dalem Kridhamardawa yang selama 7 bulan terakhir bertugas menjadi pamucal (pengajar) dalam program pelatihan ini.

Baca Juga: Kebangkitan Generasi Milenial dalam Pelestarian Seni Budaya Wayang

KPH Notonegoro, Penghageng Kawedanan Kridhamardawa mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI AL pada Minggu 10 Oktober 2023. Penampilan LANAL Yogyakarta kali ini sebenarnya salah satu buah dari proses panjang kemitraan kami dengan TNI Angkatan Laut, khususnya dengan Pangkalan TNI AL Yogyakarta.

Menurut dia, ini menjadi satu peristiwa yang menarik dan bahkan bersejarah, melihat tentara-tentara Angkatan Laut Indonesia pentas tari dan karawitan di Keraton Yogyakarta. Apalagi dalam balutan momentum yang istimewa yaitu ulang tahun ke-78 TNI Angkatan Laut.

Baca Juga: AB-Ningrat, Komunitas Seniman hingga Aktivis Kebudayaan Yogyakarta Dukung AMIN

Dengan program pelatihan dan pentas ini, harapan kami bukan hanya mengenai sinergi dan kerja sama atau kemitraan antara Keraton Yogyakarta dengan TNI AL saja. “Namun kami berharap bisa juga menginspirasi seluruh lapisan masyarakat, bahwa nguri-uri kabudayan atau melestarikan kebudayaan kita sendiri ini bisa dilakukan oleh siapa saja,” katanya seperti dikutip dari laman Kraton Jogja, Juamt, 6 Oktober 2023. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *