AB-Ningrat, Komunitas Seniman hingga Aktivis Kebudayaan Yogyakarta Dukung AMIN

  • Whatsapp
seniman jogja dukung AMIN
AB-Ningrat, sebuah komunitas dari kalangan ejumlah seniman, budayawan, dan aktivis pemajuan kebudayaan di Yogyakarta mendeklarasikan mendukung pasangan capres-cawapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). (Foto: BacaJogja)

BacaJogja – AB-Ningrat, sebuah komunitas dari kalangan ejumlah seniman, budayawan, dan aktivis pemajuan kebudayaan di Yogyakarta mendeklarasikan mendukung pasangan capres-cawapres Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). Deklarasi digelar di tempat bersejarah, Ndalem Ropingen Kotagede, Kota Yogyakarta, Sabtu, 30 September 2023.

Ketua AB-Ningrat Sigit Sugito mengatakan, deklarasi yang digelar di Ndalem Ropingen ini punya makna mendalam. Tempat ini bersejarah bertemunya dialektika gagasan dan pikiran serta ide-ide membangun bangsa melalui kongres Syarikat Islam tahun 1924. Melalui dialog dan musyawarah para tokoh-tokoh bangsa dalam kebersamaan dan bingkai budaya.

Read More

Baca Juga: Dari Seniman, Akademisi, hingga Aktivis di Yogyakarta Deklarasi Dukung AMIN

Menurut dia, di tempat ini pula para seniman, budayawan, dan aktivis pemajuan kebudayaan berkumpul di jantung peradaban Mataram Islam yang dibangun oleh Panembahan Senapati tahun 1556 dengan meletakkan dasar-dasar toleransi dan akulturasi budaya yang adiluhung.

Di tempat ini, AB-Ningrat mendeklarasikan diri mengusung semangat golong-gilig, nyawiji, greget, sengguh ora mingkuh. “Ini sebagai wujud nikmat atas Tuhan untuk mendukung pasangan Dwi Tunggal Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden 2024,” katanya, Sabtu, 30 Setember 2023.

Baca Juga: PKB DIY dan Relawan Anies Baswedan Konsolidasi Pemenangan AMIN

Sigit mengatakan, AB-Ningrat memberikan dukungan ini berdasarkan pertimbangan yang matang. “Tiga kandidat semuanya baik, namun kami memilih terbaik. Kami optimistis AMIN mampu membawa perubahan dan perbaikan atas segala keburukan dan kerusakan negeri ini dengan mengedepankan budi pekerti dan politik kebudayaan,” jelasnya.

Dokumen deklarasi diserahkan kepada perwakilan Anies Baswedan, Sudirman Said dan Dadang Juliantara yang hadir dalam acara ini. Acara dihadiri ratusan orang dari berbagai latar belakang.

Baca Juga: PKS Resmi Usung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Pilpres 2024

Perwakilan partai politik pengusung dan pendukung, yakni NasDem, PKB, PKS, dan Partai Ummat tampak hadir. Bahkan sejumlah kader PAN dan Golkar juga hadir memberikan dukungan kepada pasangan AMIN.

Sudirman Said mengapresiasi dukungan AB-Ningrat yang diberikan kepada pasangan AMIN. “Kami berterima kasih deklarasi AB-Ningkrat untuk pemenangan AMIN. Tentu dukungan ini akan kami sampaikan kepada Pak Anies dan Pak Muhaimin,” katanya.

Dia bersyukur dukungan untuk pasangan AMIN terus mengalir. “Tentunya dukungan ini saling menyemangati, saling menopang, menuju hari yang menentukan yaitu tanggal 14 Februari 2024,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *