Bangkai Hiu Tutul 1,5 Ton Terdampar di Timur Pantai Congot Kulon Progo

  • Whatsapp
bangkai hiu tutul kulon progo
Bangkai ikan Hiu Tutul terdampar di sebalah timur Pantai Congot, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta. (Foto: Satlinmas SRI Wilayah V Kulon Progo)

BacaJogja – Bangkai hiu tutul kembali terdampar di pesisir Kulon Progo, Yogyakarta, Selasa, 14 November 2023. Kejadian ini merupakan kali ketiga sejak Oktober 2023.

Kordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulon Progo Aris Widiatmoko mengatakan, bangkai hiu tutul terakhir ditemukan di Kalurahan Palihan, Kapanewon Temon. Bangkai ikan yang diperkirakan seberat 1,5 ton ini pertama kali ditemukan warga yang melintas di sekitar lokasi.

Read More

Baca Juga: Penampakan Hiu Tutul 8 Meter Mati Terdampar di Congot Kulon Progo

Dia mengatakan, bangkai satwa ini ditemukan di sebelah timur Pantai Congot sekitar pukul 07.00 WIB. “Lokasinya sekitar 500 meter ke timur Pantai Congot. Bangkai hiu dalam keadaan utuh, teronggok di pasir dan sudah berbau,” jelas Aris.

Menurut dia, panjang ikan 8,4 meter dengan lebar dari sip ke sirip 3 meter. Kepalanya saja memiliki lebar 1,4 meter. Dengan ukuran seperti itu bobot ikan bisa lebih dari 1.500 kilogram atau 1,5 ton.

Baca Juga: Hiu Tutul 8 Meter dan Berat 3 Ton Ditemukan Mati Terdampar di Kulon Progo

Aris mengungkapkan, relawan, warga dan sejumlah aparat mengubur hiu itu di lokasi temuan. Langkah ini dilakukan setelah berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti KSDA dan dinas kelautan.

“Satwa ini sudah berada di darat, jadi bisa kita kubur di tempat. Kalau (kasus) sebelumnya, memang ditarik dari pantai,” kata Aris.

Baca Juga: Sempat Diselamatkan, Paus Ditemukan Mati Terdampar di Kulon Progo

Sementara itu, sejak Oktober 2023, hiu terdampar dalam keadaan mati di pesisir Kulon Progo merupakan kasus ketiga kalinya. Sebelumnya, ikan sejenis terdampar dengan kondisi mati di kawasan wisata Pantai Trisik, Kalurahan Sidorejo, Kapanewon Galur. Hiu memiliki panjang 5 meter, lebar badan 1 meter dan kepala lebar 1,5 meter.

Hiu kembali ditemukan di pantai dusun Garongan 3, Kalurahan Garongan, Panjatan pada 9 November 2023. Satwa itu memiliki panjang sekitar 10 meter dengan berat sekitar 1,5 ton. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *