Empat Inovasi Teknologi dan Manfaat dalam Dunia Musik

  • Whatsapp
teknologi musik
Ilustrasi teknologi musik. (Foto; Istimewa)

BacaJogja – Teknologi saat ini berkembang dengan sangat cepat dan juga berdampak ke berbagai aspek kehidupan, musik merupakan salah satu yang terdampak oleh kemajuan teknologi. Karena perkembangan teknologi inilah kita bisa memiliki akses yang begitu mudah kedalam dunia musik.

Apalagi kamu adalah seorang musisi atau memiliki ketertarikan yang besar dalam dunia musik, pasti kamu merasakan bagaimana mudahnya mendengar musik di zaman ini. Nah, berikut adalah inovasi teknologi yang terjadi dalam musik!

Read More

Revolusi Rekaman

Kalau di zaman dulu, ingin mendengarkan musik harus datang dan melihat langsung pertunjukan musiknya dan membutuhkan usaha yang lebih. Kemunculan industri perekaman musik yang mencetak lagu kedalam bentuk fisik seperti CD, DVD, dan kaset mempermudah penikmat musik untuk bisa mendengar musik tanpa harus mengeluarkan biaya besar hanya untuk mendengarkan musik.

Baca Juga: Lima Alasan Musik Indie Dapat Menenangkan Hati

Hal ini juga berdampak kepada para pelaku industri itu sendiri, mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat sebuah pertunjukan musik. Para pelaku industri musik hanya perlu membuat satu kali perekaman musik yang kemudian akan dicetak dalam bentuk fisik tadi, berkat kemajuan teknologi ini, para pelaku dalam industri musik bisa lebih efisien dalam tenaga dan biaya.

Distribusi Digital

Perkembangan teknologi yang pesat membuat rekaman musik dalam bentuk fisik juga mulai sedikit diminati, kemajuan teknologi yang mendukung musik dalam genggaman saat ini sudah menjadi hal yang lumrah dan selalu ada. Kemunculan aplikasi yang menyediakan musik seperti JOOX, Spotify, Apple Music, youtube dan lain sebagainya mempermudah penikmat musik untuk bisa mendengar musik di mana pun dan kapan pun.

Baca Juga: Penggunaan Sequencer dalam Pertunjukan Musik, Ancaman bagi Karir Musisi?

Bahkan konser yang sedang berlangsung pun bisa ditonton secara real time dari tempat yang jauh dengan menggunakan teknologi digital yang sudah tersedia saat ini. Perkembangan teknologi perekaman musik ini membuat para pelaku industri musik bisa lebih berhemat lagi dan bahkan siapapun bisa mengunggah karya musiknya sendiri ke platform musik digital seperti JOOX, Spotify, Apple Music, youtube dan lainnya tanpa harus melalui label rekaman.

Teknologi Audio Terbaru

Teknologi audio yang terbaru ini mungkin pernah kamu dengar, yaitu Dolby. Audio Dolby Atmos merupakan sebuah inovasi dalam ranah audio. Karena pendengar akan merasakan pengalaman mendengar musik yang terasa nyata. Teknologi ini menciptakan kesan yang nyata karena sumber suara berasal dari berbagai arah seperti dalam situasi kehidupan nyata.

Baca Juga: Penggunaan Sequencer dalam Pertunjukan Musik, Ancaman bagi Karir Musisi?

Teknologi ini bisa kita rasakan tak hanya pada konser pertunjukan atau di bioskop, Audio Dolby Atmos juga dapat kita rasakan di rumah sendiri karena saat ini, beberapa gadget seperti smartphone atau laptop sudah dilengkapi dengan teknologi dari Dolby Atmos.

Virtual Reality dan Augmented Reality

Virtual Reality atau biasa disingkat VR merupakan teknologi yang menciptakan pengalaman interaktif dalam dunia virtual. Sedangkan augmented reality atau AR adalah teknologi yang memunculkan sebuah objek virtual ke dunia nyata, contoh dari AR ini adalah hologram.

Selain dari aspek audionya, dalam dunia musik juga menggabungkan kemajuan dari teknologi visual. Hal ini sebagai penarik atensi dari penikmat musik serta kreatifitas dari musisi itu sendiri. Inovasi ini membuat para musisi berupaya untuk mengkolaborasikan audio dengan visual sehingga sebuah konser pertunjukan musik bisa lebih menarik.

Baca Juga: Hatchbackz Kenalkan Warna Musik Baru di Single “Lit Up”

Contoh dari pemanfaatan teknologi VR ini adalah konser Blackpink yang akan dilaksanakan pada Desember 2023. Blackpink bekerja sama dengan META Horizon Worlds untuk acara yang diberi nama “BLACKPINK: AVR Encore”. Acara ini akan menampilkan pengalaman konser yang baru dengan menggunakan VR.

Nah itulah beberapa inovasi yang terjadi dalam dunia musik, mungkin saat ini banyak dari kita yang pernah mendengarkan musik hanya melalui kaset, CD, radio dan juga merasakan bagaimana proses perubahan dalam dunia musik. Perkembangan teknologi akan selalu terjadi dan akan mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan termasuk musik. []

Artikel dikirim oleh Muhammad Fikrul Islami

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *