Tips Jika Barang Bawaan Tertinggal di KA atau Stasiun

  • Whatsapp
barang tertinggal di kereta
Petugas menyerahkan barang milik pelanggan tertinggal di KA. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Daop 6 Yogyakarta mengamankan sebanyak 10 barang pelanggan yang tertinggal baik di KA maupun stasiun. Barang yang tertinggal tersebut berupa HP, dompet, tas ransel, hingga laptop. Barang yang tertinggal selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024 dari tanggal 21 hingga 27 Desember 2023 ditaksir Rp35,5 juta.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengimbau kepada para pelanggan kereta api untuk selalu menjaga dan memperhatikan barang bawaan ketika melakukan perjalanan, baik di lingkungan stasiun maupun selama dalam perjalanan KA. Sebagai antisipasi pelanggan juga sebaiknya tidak membawa barang bawaan yang berlebih.

Read More

Baca Juga: Daftar Kereta Api Angkutan Nataru dengan Okupansi di Bawah 50 Persen per Hari Ini

“Jika memang perlu membawa barang dalam jumlah banyak, pelanggan juga dapat memanfaatkan jasa cargo atau pengiriman paket,” katanya dalam siaran pers, Kamis, 28 Desember 2023.

Dia mengatakan, pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam kereta api atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain Kondektur yang sedang berdinas di atas kereta api, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.

Baca Juga: Catat, Ini Tanggal Puncak Arus Angkutan Natal dan Tahun Baru Kereta Api

Berikut tips saat tertinggal barang di stasiun atau di atas KA:

1. Tetap tenang dan jangan panik, cobalah untuk mengingat lokasi terakhir kali barangnya terlihat.
2. Buat laporan pada petugas Customer Service On Station, petugas keamanan atau kunjungi bagian Lost and Found.
3. Pelanggan juga bisa menghubungi Contact Center 121 melalui telepon 121, WA (0811-1211-1121) atau Direct Message (DM) Twitter/Facebook KAI121.

Baca Juga: 12 Kereta Api Tertahan Dampak Gempa M6.4 Guncang Yogyakarta

4. Sampaikan ciri-ciri barang yang hilang, kode booking tiket, jika barangnya tertinggal di atas kereta api.
5. Apabila laporan dilakukan melalui Contact Center 121, maka pelanggan kereta api akan mendapatkan informasi status barang tertinggal melalui telepon, email, atau Direct Message (DM) Twitter/Facebook KAI121.
6. Hindari memberikan informasi kode booking atau detail barang kepada pihak yang tidak berkepentingan.

Untuk Info lengkap terkait layanan KAI, masyarakat dapat menghubungi Customer Service Stasiun dan Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *