Barang Senilai Rp35,5 Juta Tertinggal di Daop 6 Yogyakarta saat Liburan Natal dan Tahun Baru

  • Whatsapp
barang tertinggal di KA
Petugas menyerahkan barang milik pelanggan tertinggal di KA. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Daop 6 Yogyakarta mengamankan sebanyak 10 barang pelanggan yang tertinggal baik di KA maupun stasiun. Barang yang tertinggal tersebut berupa HP, dompet, tas ransel, hingga laptop. Barang yang tertinggal selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024 dari tanggal 21 hingga 27 Desember 2023 ditaksir Rp35,5 juta.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan, barang milik pelanggan yang tertinggal diamankan petugas dan telah dimasukkan pada database sistem Lost and Found. “Kami mengimbau kepada para pelanggan yang melakukan perjalanan pada masa libur Nataru 2023/24 ini untuk menjaga barang bawaan dengan baik, tidak terburu-buru dan tidak membawa barang bawaan terlalu banyak,” katanya dalam siaran pers, Kamis, 28 Desember 2023.

Read More

Baca Juga: KAI Commuter Uji Coba Pengoperasian Hall Timur Stasiun Yogyakarta, Tingkatkan Layanan Libur Nataru

Dia mengatakan, pada masa libur Nataru pelanggan KA sangat banyak. Dari tanggal 21 hingga 27 Desember saja Daop 6 telah melayani sebanyak 400.769 pelanggan baik yang berangkat maupun datang dari atau di seluruh stasiun Daop 6. Dengan rincian yang berangkat sebanyak 197.716 pelanggan, dan datang sebanyak 203.503 pelanggan.

“Mengingat banyaknya pelanggan KA yang melakukan perjalanan pada masa libur Nataru ini, tentu membutuhkan fokus yang tinggi. Sebelum meninggalkan stasiun atau kereta api, Daop 6 meminta agar para pelanggan dapat memeriksa kembali barang bawaan dengan cermat dan teliti,” jelasnya.

Baca Juga: Update Pemesanan Tiket KA Masa Angkutan Nataru di Daop 6 Yogyakarta

Dia mengatakan, pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam kereta api atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain Kondektur yang sedang berdinas di atas kereta api, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.

Petugas pengamanan stasiun selalu melakukan pemeriksaan secara berkala di area-area ruang tunggu dan di atas KA, terlebih pada saat kereta api tiba di stasiun tujuan akhir, petugas akan melakukan pengecekan disetiap rangkaian untuk memastikan tidak ada barang bawaan penumpang yang tertinggal.

Baca Juga: Update Tiket dan Jadwal Pemberangkatan KA Tambahan Masa Angkutan Nataru

Apabila ada laporan dari pelanggan mengenai barang bawaan tertinggal, petugas KAI akan melakukan koordinasi dan pencarian, jika dapat ditemukan saat itu juga maka langsung diserahkan kembali kepada pelapor. Jika barang belum bisa ditemukan, akan dilakukan konfirmasi melalui telepon kepada pelapor terkait perkembangan penanganan barang tertinggal yang dilaporkan, jika ditemukan maka untuk proses penyerahan pelanggan wajib menunjukkan kartu identitas untuk verifikasi kepemilikan barang.

Dalam hal penemuan barang di dalam kereta api ataupun di lingkungan stasiun, KAI akan langsung memberikan pengumuman atas penemuan barang tersebut melalui pengeras suara. Jika tidak ada pihak yang mengambil maka barang akan disimpan di Pos Pengamanan stasiun dan akan dimasukan pada pendataan sistem Lost and Found yang dimiliki oleh KAI.

Baca Juga: KAI Siapkan 24 KA Tambahan di Masa Nataru, Simak Jadwal dan Rutenya

Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam melacak barang hilang sesuai dengan ciri maupun spesifikasi barang yang telah dilaporkan oleh pelanggan maupun calon pelanggan KA. Data pada sistem tersebut dapat diakses oleh seluruh wilayah kerja KAI, sehingga pelapor yang merasa kehilangan barang dapat melaporkan barang tersebut di seluruh stasiun.

Seluruh barang bawaan merupakan tanggung jawab pelanggan, namun untuk memberikan layanan maksimal petugas keamanan akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas kereta api atau stasiun. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *