Data Kerusakan Akibat Hujan dan Angin Kencang di Yogyakarta

  • Whatsapp
pohon tumbang
Pohon tumbang menimpa andong di kawasan Alun-alun Utara Yogyakarta. (Foto; Istimewa)

BacaJogja – Hujan deras disertai angin kencang menerjang sejumlag lokasi di Yogyakarta pada Kamis, 4 Januari 2024. Data sementara, kerusakan paling banyak terjadi di Kota Yogyakarta.

Berdasarkan data sementara update pukul 15:45 WIB yang dihimpun oleh Pusdalops BPBD DIY, empat kemantren (kecamatan) di Kota Yogyakarta dilaporkan terdampak bencana hidrometeorologi ini.

Read More

Baca Juga: Data Kerusakan Dampak Hujan dan Angin Kencang di Kota Yogyakarta dan Bantul

Anas selaku media center BPBD DIY mengatakan, hujan deras dan angin kencang melanda pada pukul 13:30 WIB – 14:00 WIB. Laporan kejadian yang masih sementara baru dari Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman.

Dampak kejadian di Kota Yogyakarta yang terdampak yakni Kemantren Gedongtengen, Gondomanan, kraton, Umbulharjo, Wirobrajan. “Dilaporkan satu korban mengalami luka,” katanya dalam siaran pers, Kamis, 4 Januari 2024.

Baca Juga: Data Kerusakan Dampak Hujan dan Angin Kencang di Kota Yogyakarta

Tercatat ada tujuh pohon tumbang, fasilitas umum berupa atap jalur pedestrian Stasiun Yogyakarta roboh, andong satu unit saat melintas di Jalan Ibu Ruswo timur Alun-alun Utara. “Tercatat ada enam mobil yang terdampak akibat kejadian ini,” ungkapnya.

Sedangkan di Kabupaten Sleman wilayah yang terdampak yakni Kapanewon Minggir. Sejumlah pohon tumbang di wilayah tersebut. Saat ini masih proses asesmen dan penanganan.

Baca Juga: Data Kerusakan Dampak Hujan dan Angin Kencang di Kota Yogyakarta

Dia mengatakan, proses penanganan masih berlangsung dengan melibatkan sejumlah unsur seperti BPBD, TNI, Polri, Dinsos, PSC 119, Komunitas Relawan, dan warga.

BPBD DIY merekomendasikan bahwa peringatan dini dan informasi cuaca menjadi perhatian peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Pemangkasan pohon lapuk dan cabang berlebih yang berpotensi mengancam jika terjadi angin kencang.

Jika terjadi hujan deras disertai angin kencang untuk menghindari pohon besar, tiang listrik, Baliho, daerah rawan longsor dan Daerah Aliran Sungai. Perawatan dan pembersihan saluran air dan drainase secara berkala. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *