Data Kerusakan Dampak Hujan dan Angin Kencang di Kota Yogyakarta dan Bantul

  • Whatsapp
pohon tumbang giwangan
Pohon tumbang menimpa kios Pasar Giwangan Kota Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Hujan deras disertai angin kencang menerjang Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis, 30 Maret 2023 sore. Banyak pohon tumbang dilaporkan terjadi di Kota Yogyakarta dan Bantul.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta Nur Hidayat mencatat ada delapan kejadian pohon tumbang dan dua atap roboh akibat angin kencang. “Kejadian sekitar pukul 14.30 WIB. Paling banyak kejadian karena cuaca ekstrem angin ribut ini banyak pohon tumbang yang akibatnya menutup akses,” katanya, Kamis, 30 Maret 2023.

Read More

Baca Juga: Data Kerusakan Dampak Hujan dan Angin di Yogyakarta Tadi Sore

Adapun data yang masuk di BPBD Kota Yogyakarta update laporan kejadian sebagai berikut:
1. Pohon Tumbang (Pohon Tanjung) di Tejokusuman, Jl. Letjen S. Parman No. 42 Ngampilan, Yogyakarta. Pohon setinggi 7 meter dan diameter 30 cm roboh menutup akses jalan, menimpa kabel telpon.

2. Pohon Tumbang (Pohon Munggur) di Ketanggungan (Lap. Mancasan) RT.37 RW.08, Wirobrajan, Yogyakarta. Pohon tinggi ± 20 m dan diameter 60 cm tumbang menganggu kabel PJU.

3. Pohon Tumbang (Pohon Tanjung) di Jalan Magelang No.19 Jenggotan, Yogyakarta. Pohon setinggi 10 m dan diameter 30 cm roboh menutup akses jalan.

Baca Juga: Update Data Kerusakan Longsor, Banjir dan Angin di Kulon Progo dan Sleman

4. Atap Roboh di Dinas Pertanian dan Pangan, Malangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Volume terdampak panjang 5 m, lebar 2 m milik Pemkot.

5. Pohon Tumbang (Pohon Jambu) di Dinas Pertanian dan Pangan, Malangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Pohon setinggi 7 m dan diameter 20 cm.

6. Atap terbang milik Nendras Tono, 46 tahun, warga Tegalpanggung RT.53 RW.13, Tegalpanggung, Danurejan, Yogyakarta.

7. Tiga pohon tumbang di Komplek pasar Giwangan sisi Selatan, Giwangan RT.33 RW.11, Umbulharjo, Yogyakarta menimmpa warung/kios milik Siti Rahma, Sriyanto, Pawarti, Daminah, Partinah.

Baca Juga: Detik-detik Beringin Tumbang Menimpa Wahana Bermain Pasar Malam di Denggung Sleman

8. Pohon Tumbang setinggi 20 meter dan diameter 150 cm di Jatimulyo RT.61 RW.1, Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta roboh menimpa gudang rumah sejumlah warga.

Di Bantul 25 Kejadian

Sementara di Kabupaten Bantul tercatat ada 25 titik lokasi kejadian pohon tumbang hingga bangunan roboh. “Kejadian didominasi di wilayah Tamanan, Banguntapan. Yang tercatat saat ini 25 kejadian. Sebanyak 24 pohon tumbang dan 1 bangunan roboh,” kata Manajer Pusdalops BPBD Bantul, Aka Lukluk Firmansyah.

Dia mengatakan, kejadian tersebut mengakibatkan beberapa kerusakan pada atap rumah warga, terputusnya jaringan listrik dan sempat menutup akses Jalan Imogiri di selatan Brimob Gondowulung.

Baca Juga: Data Kerusakan Dampak Hujan dan Angin Kencang di Kota Yogyakarta

Beberapa lokasi telah disterilkan oleh petugas gabungan. “Tidak ada korban, hanya kerugian materil saja,” katanya.

Data sementara sampai dengan pukul 18.00 Wib di Kapanewon Banguntapan terdapat 14 titik lokasi kejadian bencana dengan 12 pohon tumbang dan dua lainnya atap roboh. Beberapa titik ada yang sudah disterilisasi oleh petugas dan ada pula yang belum.

Adapun lokasi pohon tumbang tersebar di wilayah Wirokerten dan juga Tamanan. Sementara lokasi atap rumah ambrol berada di wilayah Nglebeng RT 7 Tamanan yang menimpa sejumlah perabot rumah. “Di Grojogan RT 2 Tamanan pendopo untuk angkringan roboh dengan ukuran 9×7 meter,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *