Manfaat Buah Apel Efektif Memelihara Kesehatan Jantung

  • Whatsapp
buah apel
Buah Apel bermanfaat memelihara kesehatan jantung. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Siapa yang tidak kenal dengan buah Apel, buah yang sangat menyehatkan ini menjadi buah favorit dinegara Indonesia. Negara Indonesia yang beriklim Tropis menjadi negara penghasil subur produksi Buah Apel.

Kota Malang Jawa Timur sendiri terkenal dengan Kota Apel dikarenakan kota tersebut menjadi kota budidaya Apel terbaik di Indonesia. Buah Apel selain rasanya yang disukai juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Read More

Baca Juga: Bahaya Konsumsi Buah Durian Terlalu Banyak Meningkatkan Serangan Jantung

Manfaat buah Apel sendiri juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung, baik bagi orang sehat ataupun penderita jantung koroner mengkonsumsi buah Apel sangat dianjurkan untuk memelihara kesehatan jantung.

Dari penelitian penelitian yang dipublikasikan US National Library of Medicine National Institutes of Health berjudul Apples and cardiovascular health bahwa buah Apel memiliki kandungan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu mengkonsumsi buah Apel secara rutin bisa menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Foto-foto Heboh Buah Kulon Progo di Embung Tonogoro Kalibawang

Buah Apel juga memiliki kandungan kaya akan Polifenol dimana zat ini sangat tinggi anti oksidan dimana kandungan ini paling banyak terdapat pada kulit apel, jadi dianjurkan untuk mengkonsumsi buah Apel bersama kulitnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu kandungan Flavonoid pada apel juga bisa mencegah terjadinya serangan jantung dan menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Baca Juga: Pentingnya Sinergi Nutrisi dalam Menjaga Imunitas Tubuh Pasca Vaksinasi

Selain itu manfaat Apel untuk kesehatan lainnya adalah: Menurunkan Berat badan tubuh, menjaga kesehatan saluran pencernaan, meningkatkanb imunitas, mencegah diabetes dan mencegah kanker.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji juga menyampaikan bahwa apel dapat mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik HDL (High Density Lipoprotein) sebesar 4 persen dan apabila mengkonsumsi 1 Apel sehari akan bisa menjaga kesehatan jantung.

Hal ini sesuai dengan Penelitian terbaru yang dilakukan Florida State University di Tallahassee tentang manfaat Apel bagi kesehatan jantung. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *