Foto-foto Heboh Buah Kulon Progo di Embung Tonogoro Kalibawang

  • Whatsapp
Durian menjadi komoditas buah unggulan di Kulon Progo. (Foto: Dok. Polres Kulon Progo)

Kulon Progo – Event Heboh Buah Kulon Progo kembali digelar untuk ketiga kalinya. Kali ini dipusatkan di Embung Tonogoro yang berada di Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang, pada Selasa, 22 Februari 2022. Acara ini sebagai promosi sekaligus menjadikan Bumi Binangun sebagai sentra produksi buah-buahan di Yogyakarta dan sekitarnya.

Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan pemkab berkomitmen mengembangkan dan memaksimalkan wilayah geografis Kulon Progo sebagai pusat produksi tanaman buah. Meskipun pegunungan namun tanahnya subur sehingga punya potensi besar menjadi sentra buah. “Kita buktikan Kulon Progo mampu menjadi pusat pengembangan tanaman buah di Yogyakarta,” katanya.

Read More

Baca Juga: Semarak Hari Pers Nasional di Objek Wisata Sawah Surjan Panjatan Kulon Progo

Menurut dia, pengembangan tanaman buah difokuskan di sekitar Perbukitan Menoreh yang mencakup empat Kapanewon. Selain meningkatkan produksi buah, juga untuk pelestarian lingkungan karena tanaman buah mampu sebagai media penahan tanah miring di perbukitan.

promo iklan bacajogja.id

Durian Menoreh Kuning, Jingga dan Cempli Jadi Andalan

Kepala Dinas Pertanuan dan Pangan Kabupaten Kulon Progo Muh Aris Nugroho menjelaskan, pihaknya pada 2022 menargetkan peningkatan luas tanam seluas 10 hektare di pegunungan Menoreh untuk peningkatan produksi buah. Keempat wilayah tersebut melipti Kalibawang, Girimulyo, Kokap dan Pengasih. “Tahun 2021 lalu sudah menanam 46 ribu batang tanaman buah di wilayah Kulon Progo,” ujar Aris.

Baca Juga: Foto-foto Ratusan Sopir Truk Demo Tolak ODOL di Jembatan Timbang Kulwaru Kulon Progo

Menurut dia, setidaknya ada empat jenis buah bernilai ekonomi tinggi di Kulon Progo, yakni Durian, Klengkeng, Manggis dan Pisang. Namun salah satu yang menjadi andalan adalah buah durian. “Ada beberapa jenis sudah menjadi varietas unggul nasional yaitu Durian Menoreh Kuning dan Jingga,” ungkapnya.

Belum lama ini Kulon Progo juga melauching Durian Cempli yang akan menjadi Variates Unggul Nasional. “Kita kembangkan Kulon Progo menjadi sentra produksi Buah Durian. Hasil Panen Durian pada tahun 2021, mencapai 70 ribu kuintal. Ini luar biasa cukup menggerakkan ekonomi di Kulon Progo,” ujarnya. []

Foto-foto Buah Heboh Kulon Progo

durian kulon progo
Durian menjadi komoditas buah unggulan di Kulon Progo. (Foto: Dok. Polres Kulon Progo)

—000—

durian menoreh
Durian menjadi komoditas buah unggulan di Kulon Progo. (Foto: Dok. Polres Kulon Progo)

—000—

heboh buah kulon progo
Kapolres Kulon Progo mennjau event Heboh Buah Kulon Progo di Kalibawang. (Foto: Dok. Polres Kulon Progo)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *