Foto-foto Semarak Kirab Puncak Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman

  • Whatsapp
kirab hari jadi sleman jogja
Puncak Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman. (Foto: Pemkab Sleman)

BacaJogja – Kabupaten Sleman genap memasuki usia 108 tahun. Mengangkat tema Greget Nyawiji lan Hangayomi, Sesarengan mBangun Sleman, Hari Jadi kali ini menjadi sebuah momentum bagi Bumi Sembada untuk meneruskan pembangunan Sleman ke arah yang lebih baik.

Rangkaian Hari Jadi Sleman telah dimulai sejak April lalu melalui pembagian lebih dari 6000 paket bantuan sembako bagi tenaga kebersihan, warga kurang mampu, Rois, anak yatim dan panti asuhan.

Read More

Baca Juga: Jadwal Commuter Line KA Prameks Yogyakarta-Kutoarjo Akhir Pekan Ini

Selain itu Pemkab Sleman juga memberikan bantuan stimulan rumah tidak layak huni yang diperuntukkan bagi 17 rumah di 17 kapanewon se-Kabupaten Sleman. Rangkaian Bhakti Sosial Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman juga diteruskan dengan sunatan massal bagi 108 anak pada April lalu dan operasi katarak yang rencananya akan dilangsungkan pada akhir Mei ini.

parade hari jadi sleman
Puncak Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman. (Foto: Pemkab Sleman)

Sebagai wujud rasa syukur, Pemkab Sleman juga telah melangsungkan doa syukur yang melibatkan doa lintas iman (Islam, Kristen, Katholik, Hindu dan Budha) di masing-masing rumah ibadah. Bahkan pada Sabtu, 11 Mei 2024 lalu dilangsungkan Sleman Bersholawat bersama Habib Musthafa Baraqbah dan ribuan masyarakat umum di Lapangan Pemda Sleman.

Baca Juga: Ini yang Dilakukan Pemkot Yogyakarta Peringati Hari Buku Nasional Tahun 2024

Sebagai puncak Peringatan Hari Jadi tanggal 15 Mei 2024, dimulai dengan Festilval Bregada dari 17 kapanewon yang sekaligus berperan sebagai bregada pengiring (cucuk lampah) pada Kirab Bregada Pusaka Tumbak Kyai Turun Sih dari Pendopo Parasamya menuju lokasi pelaksanaan Upacara Ridumadosing Kabupaten Sleman Ingkang Kaping 108.

Pada saat yang sama dilaksanakan Upacara Bedhol Praja di Pendopo Ambarukmo. Seremonial ini merupakan prosesi Lung tinampi gendogo Pusaka dari Panewu Depok kepada Panitia Peringatan Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman. Pusaka Gendogo ini kemudian dikawal bergodo menuju Pendopo Parasamya.

kirab budaya sleman
Puncak Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman. (Foto: Pemkab Sleman)

Sebelum prosesi upacara Hari Jadi diawali dengan Upacara Lung Tinampi Pusaka Tomba Kyai Turunsih dari Pj. Sekretaris Daerah, Eka Suryo Prihantoro. S.Si, M.Kom kepada Ketua Panitia Hari Jadi ke-108, R. Haris Martapa, SE, MT. Selanjutnya pusaka diarak bersama Kirab Bergodo menuju Lapangan Dengung.

Upacara Peringatan Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman diselenggarakan di Lapangan Denggung yang diikuti oleh ratusan peserta upacara yang keseluruhannya mengenakan pakaian tradisional Kejawen Mataraman Jangkep.

kirab hari jadi sleman
Puncak Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman. (Foto: Pemkab Sleman)

Bertindak sebagai Pangageng (Inspektur Upacara) adalah Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X. membacakan amanat dari Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menyampaikan agar momentum Hari Jadi ini dimaknai sebagai momentum bagi seluruh jajaran Pemkab Sleman untuk bersinergi bersama seluruh warga masyarakat dengan semangat gumregah- gumreget lan gumregut-sengkud, berkarya membangun masyarakat bangsa dan negara.

Upacara Hari Jadi dimeriahkan dengan tarian Badui Tongkat Tingkat Setingkat yang menggambarkan filosofi satu kesatuan yang sama baik pangkat, jabatan, gelar hingga kekuasaan yang lebur menjadi satu kesatuan sedrajat. Sebuah filosofi yang menggambarkan nilai-nilai kebersamaan, kekompakan yang semangat Greget Nyawiji lan Hangayomi, Sesarengan mBangun Sleman. []

hari jadi sleman ke 108
Puncak Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman. (Foto: Pemkab Sleman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *