Ini yang Dilakukan Pemkot Yogyakarta Peringati Hari Buku Nasional Tahun 2024

  • Whatsapp
ilustrasi buku
ilustrasi buku. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Pemerintah Kota Yogyakarta siap menyambut Hari Buku Nasional Tahun 2024 yang jatuh pada tanggal 17 Mei. Melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta menggelar beberapa kegiatan peningkatan literasi masyarakat.

Salah satu kegiatan tersebut adalah aksi sosial berbagi ilmu dengan sesama melalui ‘Gerakan Sumbang Buku’. Masyarakat bisa menyumbangkan buku bacaan pantas baca ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta mulai tanggal 3 – 31 Mei 2024.

Read More

Baca Juga: Jam Berangkat KRL Jogja-Solo dari Stasiun Tugu, Lempuyangan, dan Maguwo

Kegiatan ini bisa diikuti oleh penerbit, toko buku, pelajar, mahasiswa, pegawai pada Perangkat Daerah/Unit Kerja di Pemerintah Kota Yogyakarta, serta masyarakat umum.

Ada 12 lokasi sumbang buku yang sudah ditetapkan yakni:
1. Perpustakaan Kota Yogyakarta
2. Perpustaan Pevita
3. Mall Pelayanan Publik Balai Kota Yogyakarta
4. Dukcapil Kota Yogyakarta
5. Disdikpora Kota Yogyakarta
6. Shoping Center Lt 2 Kompleks Taman Pintar
7. Bank Jogja Patangpuluhan
8. Bank BPD Senopati
9. GKJ Mergangsan
10. Masjid Diponegeoro Balai Kota Yogyakarta
11. Toko Buku Togamas Kotabaru
12. Kampus UKDW

Baca Juga:  Kata Bupati Kustini Soal Sampah Sleman Dibuang ke Gunungkidul

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo mengapresiasi kegiatan Gerakan Sumbang Buku tersebut. “Ini merupakan kesempatan yang baik sehingga dapat mendorong penerbit dan masyarakat untuk ikut berbagi buku kepada komunitas maupun sekolah-sekolah yang membutuhkan tambahan buku di perpustakaan mereka,” katanya saat memberikan sambutan pada Jumpa Pers, Rabu (8/5) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Afia Rosdiana mengungkapkan, mekanisme Gerakan Sumbang Buku akan dilaksanakan dengan menyumbangkan buku melalui Boks Bank Buku yang telah disediakan pada beberapa titik di Kota Yogyakarta atau diserahkan melalui Perpustakaan Pevita yang berada di Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 32 Mantrijeron. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *