Kado HUT Sleman ke-108: Buku Pesona Wisata Bumi Sembada dan Prangko Buk Renteng

  • Whatsapp
buk renteng
Saluran irigasi buk renteng di Sleman. (Foto: Istimewa)

BacaJogja – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman sedang mempersiapkan kado istimewa untuk hari ulang tahun ke-108 Kabupaten Sleman pada tanggal 15 Mei mendatang. Adapun hadiah yang dimaksud ialah peluncuran buku Pesona Wisata di Bumi Sembada serta launching prangko Buk Renteng.

Buku Pesona Wisata di Bumi Sembada merupakan katalog yang memuat beberapa potensi wisata yang ada di Kabupaten Sleman. Mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, sejarah, edukasi, sport tourism, hingga petualangan. Katalog tersebut sebagai salah satu upaya Dinas Pariwisata dalam mempromosikan wisata yang ada di Sleman kepada khalayak luas.

Read More

Baca Juga: Sejarah Kanal Van Der Wijck Buk Renteng di Sleman Yogyakarta

Buku itu nantinya akan dibagikan kepada stakeholder pariwisata serta para tamu undangan yang hadir pada pelaksanaan upacara hari jadi Kabupaten Sleman tanggal 15 Mei nanti.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid menuturkan pihaknya telah mencetak sebanyak 480 eksemplar. Kemudian setiap tahunnya, pencetakan akan dilakukan kembali apabila stok buku tersebut terbatas serta adanya revisi penambahan destinasi wisata.

Sementara itu pada Kamis, 16 Mei 2024 (malam hari) akan dilaksanakan launching prangko Buk Renteng di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman.

Baca Juga: Jangan Lupa, Festival Van Der Wijck Hari Ini dan Besok di Buk Renteng Tempel Sleman

Ishadi menjelaskan, Sleman memiliki banyak bangunan cagar budaya yang masih berfungsi dengan baik. Salah satunya ialah Selokan Vander Wicjk yang merupakan kanal atau saluran irigasi di wilayah Sleman barat, yang dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono XVIII.

Di mana, ada penggal dari selokan tersebut yang lebih dikenal dengan sebutan Buk Renteng, dan menjadi ikon bangunan warisan cagar budaya di Sleman barat.

Prangko Buk Renteng sudah bisa dibeli masyarakat atau para filatelis pada tanggal 15 Mei 2024. Untuk harganya Rp3.500.

Baca Juga: Catat Tanggalnya, Ada Kirab Budaya dan Larung Lampion di Festival Vanderwijck 2023

Oleh karena itu, diharapkan prangko Buk Renteng ini nantinya bisa mempromosikan wisata Sleman barat dengan jangkauan yang tidak hanya lokal tetapi juga internasional.

Buk Renteng di Sleman ini merupakan bangunan cagar budaya yang unik. Dari kejauhan, bangunan ini tampak seperti jembatan atau tembok yang besar. Tapi aslinya Buk Renteng adalah saluran irigasi.

Buk Renteng memiliki ketinggian sekitar 4 meter di atas permukaan tanah, lebar 2,5 meter dengan kedalaman rata-rata 2-3 meter. Bangunan ini juga disebut sebagai Kanal Van Der Wick yang membentang sepanjang 17 kilometer.

Van Der Wijck diambil dari nama seorang Gubernur Jenderal Hindia Belanda dari tahun 1893 hingga 1899 dengan nama lengkap Carel Herman Aart van der Wijck.[]

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *