Ketum Nasional Samawi Gus Nahdhy Dikabarkan Siap Maju di Pilkada Sleman 2024

  • Whatsapp
gus nahdhyidan gibran
Ketua Umum Nasional Samawi, Muhammad Nahdhy saat menemui Gibran Rakabuming Raka di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran (PPSPA) Sleman. (Foto: Dok PPSPA Sleman)

BacaJogja – Ketua Umum Nasional Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) Muhammad Nahdhy atau Gus Nahdhy dikabarkan bakal maju sebagai bakal calon bupati (Bacabup) pada Pilkada Sleman 2024.

Banyak elemen masyarakat terutama dari kalangan pesantren dan kepemudaan yang mengharapkan Gus Nahdhy yang merupakan salah satu cucu pendiri Pondok Pesantren Sunan Pandanaran (PPSPA) Sleman KH. Mufid Mas’ud ini untuk maju berkontestasi di pesta demokrasi serentak yang digelar 27 November 2024.

Read More

Baca Juga: Foto-foto Semarak Kirab Puncak Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman

Sekretaris Samawi DIY Fauzi Ahmad membenarkan adanya kabar tentang bakal majunya Gus Nahdhy di Pilkada 2024 sebagai Bacabup Sleman. “Kabarnya memang begitu (maju di Pilkada 2024). Tapi saya juga belum tahu kepastiannya karena belum konfirmasi langsung pada beliau,” ujarnya.

Menurut dia, selain banyak kalangan pesantren dan kepemudaan meminta Gus Nahdhy maju sebagai Bacabup Sleman. “”Kalau di kalangan pesantren dan aktivis muda, sudah banyak yang membicarakan dan siap menyatakan dukungan. Tapi kita juga harus menunggu kepastiannya, apakah benar mau maju atau tidaknya,” ujarnya.

Baca Juga: Tradisi Wiwitan dan Panen Padi di Sleman, Petani Pahlawan Ketahanan Pangan

Fauzi Ahmad juga belum tahu apakah ada partai politik yang siap mengusung Gus Nahdy di Pilkada Sleman 2204. “Belum. informasi yang kita dapat belum sampai ke sana,” pungkasnya.

Profil Gus Nahdhy

Gus Nahdhy, yang bernama lengkap Muhammad Nahdhy, adalah seorang santri yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP IPNU pada periode 2012-2015. Ia juga salah satu Cucu dari KH. Mufid Mas’ud, Pendiri Pondok Pesantren Sunan Pandanaran (PPSPA) di Kabupaten Sleman.

Sebagai santri Nahdlatul Ulama (NU) yang berasal dari Yogyakarta, Gus Nahdhy menempuh pendidikan di Jurusan Tafsir dan Hadis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemudian Gus Nahdy melanjutkan studinya di Magister Manajemen pendidikan Universitas Sarjana Wiyata.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Layanan SIM Sleman Mei 2024, termasuk Syarat Perpanjangan

Selama menjabat sebagai Ketua Umum Samawi, Gus Nahdhy aktif turun ke sejumlah daerah se Indonesia untuk mengkampanyekan Prabowo – Gibran khususnya di kalangan muda NU.

Sebelum menjabat di Samawi, ia aktif dan pernah terpilih sebagai Ketua PC IPNU Sleman periode 2006-2008. Saat ini gus nahdy juga tercatat sebagai pengurus MUI Kabupaten Sleman Periode 2023 – 2028

Setelah itu, ia dipercaya memimpin PW IPNU DIY periode 2009-2012. Selain itu, ia juga aktif di berbagai organisasi lain seperti DPD KNPI DIY, Forum Silaturahmi Pesantren DIY, dan Majelis Silaturahmi Generasi Muda Pesantren DIY. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *