Ragam Situs Sejarah di Kotagede Yogyakarta dalam Pawai Alegoris Harmony in Old Mataram

  • Whatsapp
Pawai Alegoris Jogja 2024
Semarak Pawai Alegoris Harmony in Old Mataram di Kotagede Yogyakarta (istimewa)

BacaJogja – Pawai Alegoris 2024 bertema ‘Harmony in Old Mataram’ menyuguhkan berbagai atraksi seni dan budaya yang dikemas secara apik, etik, serta estetik. Di sepanjang jalur yang dilewati, peserta pawai telah ditunggu kerumunan warga yang berkumpul memadati Jalan Kemasan hingga Jalan Mentaok Raya. Acara digelar di Kotagede Yogyakarta, Sabtu 8 Juni 2024 sore.

Pawai ini diawali dari Jalan Kemasan melibatkan setidaknya 10 kelompok yang saling berlomba menunjukan ragam keunikan busana. Dalam pertunjukan ini para peserta menceritakan tentang berbagai situs bersejarah yang ada di Kotagede, antara lain:

Read More

– Situs Padas Temanten
– Situs Watu Gajah
– Situs Nogobondo
– Situs Beteng Peleman
– Situs Watu Gilang
– Situs Sumur Retno Dumilah
– Situs Sendang Selirang
– Situs Watu Gatheng

Baca Juga: Kemeriahan Pawai Unduh-unduh 11 Gunungan di Yogyakarta

Selain menyuguhkan berbagai atraksi menarik, para pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai macam kuliner. Hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat sekitar yang menjajakan aneka kuliner khas Kotagede. Ini menunjukkan geliat UMKM juga tumbuh dengan adanya event tersebut.

Penjabat Wali Kota Yogyakarta Sugeng Purwanto sangat menyambut baik acara tersebut. Dia mengatakan, Pawai Alegoris Harmony in Old Mataram tidak hanya menjadi ajang untuk menampilkan kreasi budaya masyarakat, tetapi juga sebagai sarana promosi objek wisata wilayah Kotagede.

Baca Juga: Daftar Peserta Pawai Kemerdekaan Jogja Fashion Carnival di Malioboro

Sugeng menambahkan Pawai Alegoris adalah sebuah bentuk komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Yogya untuk mempromosikan geliat pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Kotagede. “Acara ini berasal dari, untuk, dan oleh masyarakat yang semoga dapat menjadi penyemarak kawasan Kotagede. Ini juga sebagai penanda bahwa Kota Yogya adalah kota yang memiliki kreativitas kebudayaan yang tinggi,” ujarnya.

Sugeng berharap dengan adanya acara tersebut dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. “Pemilihan lokasi di Kotagede sangat tepat karena Kotagede memiliki banyak destinasi wisata dan daya tarik yang terkenal,” ungkapnya.

Baca Juga: Daftar Lengkap Kalender Event Yogyakarta Juni 2024

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko menambahkan pemilihan lokasi Pawai Alegoris 2024 di Kotagede lantaran kawasan ini memiliki potensi wisata sejarah dan budaya yang beragam. “Sehingga kawasan ini pun harus terus dipromosikan agar dikenal masyarakat luas. Banyak kampung wisata menarik di kawasan Kotagede yang bisa dijelajahi wisatawan,” ungkapnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *