Yogyakarta Terima Bantuan Ambulans dan Mobil Jenazah Covid-19

  • Whatsapp
ambulans covid19
Wagub DIY KGPAA Paku Alam X secara simbolis menerima bantuan ambulans dan mobil jenazah. (Foto: BNPB)

Yogyakarta – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menerima bantuan berupa dua unit mobil, yakni ambulans dan mobil jenazah Covid-19. Bantuan tersebut dinilai mampu untuk melakukan percepatan dalam memberi layanan kepada warga saat pagebluk seperti sekarang ini.

Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X mengatakan, bantuan satu unit ambulans dan satu unit mobil jenazah Covid-19 ini dapat mempercepat dan mempermudah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga di tengah pandemi yang masih berlangsung di wilayah Yogyakarta.

Read More

Baca Juga: Viral Iring-iringan Ambulans Bawa Puluhan Warga Positif Covid-19 di Sleman

“Lebih dari satu tahun paska dilaporkannya konfirmasi positif pertama kali di DIY, perkembangan kasus Covid-19 belum mereda,” ujarnya yang mewakili sekaligus membacakan sambutan Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Kepatihan Yogyakakarta, Sabtu, 14 Agustus 2021.

KGPPA Paku Alam X menyampaikan, varian Delta Covid-19 telah memicu rumah sakit di berbagai wilayah dalam kapasitas penuh, bahkan over capacity. Situasi ini mempengaruhi padatnya mobilitas pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan dengan menggunakan transportasi ambulans.

Baca Juga: Karmini, Perempuan Hebat asal Bantul, Relawan Sopir Ambulans Jenazah Covid-19

Bantuan kendaraan transportasi dari Himpunan Pengusaha Indonesia (Hipmi) beserta PT Asuransi Astra Buana merupakan wujud konkret bantuan dunia usaha untuk penanganan Covid-19.

Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Lilik Kurniawan mengatakan, sehari sebelumnya bantuan serupa juga diberikan para pelaku usaha tersebut untuk Pemerintah Kota Surakarta. Apa yang dilakukan dunia usaha ini harapannya menginspirasi pihak lain untuk turut memberikan bantuan dan dukungan kepada pemerintah, baik di pusat maupun daerah demi terwujudnya Indonesia sehat bebas dari Covid-19.

Baca Juga: Viral Mobil Dinas Panewu Banguntapan Bantul Disulap Jadi Ambulans

“Semoga bantuan dari BNPB dan juga para donator yang telah kami salurkan ini kiranya dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta,” ucap Lilik saat menyerahkan bantuan di Yogyakarta.

Lilik mengucapkan penghormatan setinggi-tingginya kepada semua pekerja garis depan, dokter, perawat dan seluruh petugas layanan kesehatan yang telah bekerja sangat keras untuk menjaga kita tetap aman saat dunia terus memerangi pandemi Covid-19. “Marilah turut membantu para tenaga medis dan pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas di mana pun kita berada,” katanya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *