Nasib Komunitas Parkir Ngabean Yogyakarta Setelah Pagebluk Corona Melanda

  • Whatsapp
parkir ngabean yogyakarta
Komunitas Parkir Ngabean Yogyakarta mendapat bantuan dari Polda DIY. (Foto: BacaJogja)

Yogyakarta – Kantong parkir wisata Ngabean Kota Yogyakarta memberi sumber penghidupan bagi warga sekitar. Bus-bus pariwisata yang parkir di kantong parkir ini bisa menghidupi banyak orang, mulai dari juru parkir, tukang becak, pemilik kios, kru angkutan si Thole dan lainnya.

Namun pagebluk corona yang sudah berlangsung hampir dua tahun ini membuat banyak yang berubah. Sejak pandemi kantong parkir Ngabean sepi. Komunitas Parkir Wisata Ngabean Kota Yogyakarta pun merasakan betul dampaknya. Tidak jarang mereka menjual barang milik pribadi demi bertahan hidup.

Read More

Baca Juga: Waspada, Marak Tipu Gendam Berkedok Bansos Covid-19 di Gunungkidul

Untuk sedikit meringankan beban mereka, Polda DIY memberikan bantuan. “Komunitas di kompleks Parkir Ngabean ini dulunya sangat bergantung dari geliat wisata Yogyakarta. Selama pandemi ini otomatis berhenti total. Komunitas ini sangat butuh bantuan,” ungkap Kanit Direktorat Intelkam Polda DIY Ajun Komisaris Polisi Legowo Saputra di sela-sela pemberian bansos, Selasa, 17 Agustus 2021.

Parkir Ngabean sempat dibuka namun kembali lagi ditutup setelah ada kebijakan PPKM. Sekarang bisa lihat sendiri, kosong sama sekali,” imbuhnya.

Dia mengatakan, bantuan yang diberikan ini sebagai bentuk kepedulian kepada Komunitas Parkir Ngabean. Pemberian bantuan juga bertepatan dengan momentum HUT ke-76 RI. “Pada hari kemerdekaan ini Polda DIY memberikan bantuan paket sembako. Semoga bermanfaat,” ucapnya.

Baca Juga: Polres dan Forum Pewarta Bantul Berbagi Bansos ke Warga di Bakulan

Pada kesempatan itu, Polda DIY juga memberikan dukungan operasional untuk kegiatan kemanusiaan. Komunitas Parkir Ngabean ini punya satu unit ambulans untuk kemanusiaan bertuliskan Moslem Green Zone. Namun peralatannya belum lengkap.

“Mereka fokus kegiatan sosial kemanusiaan. Kami dukung, harapannya bisa menjaga situasi Kamtibmas kondusif di Ngampilan. Mereka punya satu ambulans. Peralatan belum lengkap. Dengan dukungan operasioal ini bisa membeli tandu,” ucapnya.

Baca Juga: Viral Polisi Antar Jemput Kaum Disabilitas Bantu Ambil Bansos Beras di Sleman

Ketua Komunitas Parkir Ngabean Andi Jatmika mengapresiasi kepada jajaran Polda DIY dan Polsek Ngampilan yang telah memberikan bantuan. “Karena kita tidak tahu kapan pandemi berakhir,” ungkapnya.

Dia berharap ada solusi dari pemerintah agar nanti kegiatan di Ngabean dan parkiran lain bisa dibuka. “Agar perekonomian kami bisa berjalan lancar dan normal seperti sedia kala,” katanya mewakili rekan-rekan paguyuban. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *