Asyiknya Perjalanan Trans Jogja Mengaspal sampai Objek Wisata Kaliurang

  • Whatsapp
trans jogja kaliurang
Uji coba bus Trans Jogja sampai di objek wisata Kaliurang. (Foto: BacaJogja)

Sleman – Armada Trans Jogja melalui Teman Bus melaju sampaia objek wisata Kaliurang, Jumat, 16 September 2021. Ini bagin dari uji coba mengingat banyak permintaan masyarakat agar ada transportasi umum bisa menjelajahi sampai di kawasan objek wisata yang berada di lereng Gunung Merapi ini.

Uji coba ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Perhubungan. Awak media berkesempatan menaiki uji coba yang dimulai dari Terminal Condongcatur. Armada yang dioperatori oleh BUMD Pemda DIY, PT Anindya Mitra Internasional (AMI) ini menyusuri ruas jalan menuju UGM, Jalan Kaliurang dan Terminal Pakem.

Read More

Sampai di Pakem, penumpang berganti Teman Bus ke Kaliurang. Teman Bus adalah bagian dari perluasan Trans Jogja perkotaan. Bus berhenti di Tlogo Putri dan Taman Rekreasi Kaliurang.

Baca Juga: TransJogja Berhenti Beroperasi sampai PPKM Darurat Berakhir

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana menginisiasi uji coba ini karena menerima banyak masukan dari masyarakat agar Trans Jogja bisa sampai destinasi wisata Kaliurang. Akhirnya bersama Kepala Dinas Perhubungan DIY, beserta perwakilan PT Jogja Tugu Trans, PT AMI menggelar uji coba ini.

“Banyak aspirasi dari warga khususnya di Sleman Utara, pegiat wisata di Kaliurang dan desa-desa wisata agar Trans Jogja sampai di Kaliurang. Warga ingin mencapai Kaliurang dengan sensasi menaiki kendaraan umum yang nyaman dan aman,” katanya.

Baca Juga: Aturan Perjalanan Transportasi saat PPKM Darurat di Kawasan Aglomerasi Mulai 12 Juli

Menurut Huda, uji coba ini menjadi modal pembahasan lebih lanjut untuk menentukan kebijakan ke depan mengingat erlu kajian mendalam dan persetujuan pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan. “Ini sangat mungkin diwujudkan karena memang ada permintaan warga. Nanti bisa komunikasikan ke pemerintah pusat, harapannya bisa lebih menghidupkan kawasan wisata Kaliurang,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan DIY, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan, Trans Jogja selama ini sudah sampai ke Pakem. “Kita coba integrasikan dengan Teman Bus yang merupakan bagian dari perluasan Trans Jogja perkotaan sampai ke Kaliurang,” ungkapnya.

Baca Juga: Garis Besar Aturan PPKM Level 3 di Yogyakarta Sesuai Instruksi Gubernur

Dalam uji coba ini juga mengajak sejumlah beberapa siswa. Tujuannya sekaligus sebagai upaya menunjukkan asyiknya menggunakan Trans Jogja sebagai alat transportasi. “Uji coba Trans Jogja dan Teman Bus ini merupakan upaya persiapan saat nangti destinasi wisata sudah kembali dibuka,” ungkapnya.

Sebagai catatan, perjalanan wisataa ke Kaliurang dulu ada transportasi umum berupa bus dengan nama Baker. Sudah puluhan tahun bus berukuran besar ini mengaspal di rute tersebut dan menjadi primadona pada masa kejayaannya. Hampir selalu penuh penumpang setiap hari. Mungkinkah Trans Jogga bisa menggantikan legenda bus Baker Jogja – Kaliurang? []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *