Mengenang Jasa Pahlawan Lewat Pameran di Pendhapa Art Space Yogyakarta

  • Whatsapp
pameran seni pahlawan
Pameran seni rupa Pahlawan di Pendhapa Art Space. (Foto: Alya Ria Dewi)

Bantul – Setiap 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Namun faktanya banyak warga hanya mengetahui beberapa pahlawan saja. Padahal banyak pahlawan nasional yang tesebar di seluruh Indonesia.

Untuk itu, ragam acara digelar untuk mengenal dan mengenang jasa pahlawan atas sumbangsih yang luar biasa besar bagi republik ini. Salah satunya di Pendhapa Art Space yang berada di Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Read More

Baca Juga: Ayo Warga Yogyakarta, Dukung 1 Maret Sebagai Hari Besar Nasional

Di tempat ini menghadirkan pameran program “Representasi” dengan pameran seni rupa bertajuk “Representasi #4 Pahlawan Nasional”. Pameran ini menampilkan karya- karya dengan gaya realis yang mengungsung tema “Pahlawan Nasional”.

pameran seni yogyakarta
Pameran seni rupa Pahlawan di Pendhapa Art Space. (Foto: Alya Ria Dewi)

Pameran ini diharapkan dapat menjadi ajang apresiasi untuk mengenal kembali pahlawan nasional yang dimiliki Indonesia, serta wujud bela negara dalam ranah seni rupa. Pameran yang digelar 10 November – 10 Desember 2021 silam.

Baca Juga: Sendratari Mengenang Nyi Ageng Serang, Pahlawan yang Diabadikan di Kulon Progo

Sejumlah 15 perupa diundang secara khusus, sedangkan undangan terbuka diberikan pada semua perupa dari seluruh Indonesia dengan sistem seleksi. Setelah mengkaji setiap karya terdapat 3 sub-kuratorial. Sub-kurasi yang pertama “Bhennika” terdapat 43 karya, sub-kurasi ini untuk menunjukkan peran para pahlawan Indonesia yang luar biasa.

pameran pahlawan di bantul
Pameran seni rupa Pahlawan di Pendhapa Art Space. (Foto: Alya Ria Dewi)

Sub-kurasi kedua “10 November”. Sub-kurasi ini menjadi personifikasi visual para pejuang yang turut berperang dalam peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Sub-kurasi ini hanya diisi oleh karya pematung Ambar Pranasmara, pelukis/illustrator Setyo Budiono dan pelukis Edy Marga.

Baca Juga: Monumen Jogja Kembali, Bukti Patriotik Rakyat Yogyakarta untuk Indonesia

Sub-kurasi ketiga “Sang Pengantar”. Bagian ini khusus menampilkan sosok Sukarno sebagai tokoh utama. Hal ini didasarkan atas perannya dalam memperjuangkan kemerdekaan. Sejumlah 11 karya Lukis dan patung disajikan dalam sub-kurasi ini. Pameran Representasi #4 kali ini menguak isu tentang seni Lukis sejarah peradapan nasional. []

Artikel kiriman Alya Ria Dewi, Mahasiswa ASMI Santa Maria Yogyakarta

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *