Menparekraf Sandiaga: Era Metaverse Peluang Ekonomi Yogyakarta Bangkit

  • Whatsapp
sandiaga dan kadispar diy
Menparekraf Sandiaga Uno bersama Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo di Sleman. (Foto: Pemda DIY)

Yogyakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak generasi muda, terutama milenial dan generasi Z meningkatkan kompetensi sehingga mampu mengambil peluang di era Metaverse. Banyak peluang baru dalam percepatan ekonomi khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di era Metaverse ini.

Dia mengatakan, melihat sumber daya manusia di Indonesia yang di dominasi usia produktif, maka era Metaverse dapat menjadi wadah serta peluang percepatan ekonomi.

Read More

Baca Juga:Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Desa Wisata untuk Peningkatan Ekonomi Warga

“Sebanyak 23 juta lapangan kerja mungkin tergantikan, tapi ada 46 juta lapangan kerja baru terutama yang berkaitan dengan artificial intelligence, blockchains dengan virtual reality dan augmented reality, serta inovasi-inovasi lainnya,” katanya pada acara diskusi “Netes Business Incubation: Pengembangan SDM dan Peluang Percepatan Ekonomi Era Metaverse” di Sleman, Yogyakarta, Jumat, 13 Januari 2021.

Metaverse adalah sebuah dunia virtual di mana pengguna dapat berbelanja, bersosialisasi, mengambil bagian dalam kegiatan, berdagang, rekreasi, dan belajar di dalamnya. Melalui Metaverse, pengusaha dapat membuka peluang tanpa batas untuk meraih banyak keuntungan dengan cara yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan.

Baca Juga: Sandiaga Uno Pengunjung Pertama Nglanggeran Gunungkidul, Simbol Indonesia Bangkit

Bagi para pelaku di bidang industri kreatif, khususnya digital, desain, dan game, hal ini akan menjadi lahan yang terbuka lebar untuk meraih banyak peluang. “Ini adalah awal kebangkitan, kita harus bergerak secara tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu agar apa yang diinginkan oleh teman-teman milenial ini mereka menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” kata Menteri Sandiaga.

Untuk itu, berangkat dari Yogyakarta dengan kreativitasnya yang tanpa batas, Sandiaga berharap Metaverse dapat berjalan berdampingan dengan industri pariwisata dan kreatif lainnya. “Yogyakarta tidak pernah kehabisan ide, saya optimis bukan hal mustahil menjadikan dunia pariwisata dan ekonomi kreatif di Yogyakarta maju pesat pada era Metaverse,” tegasnya. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *