Srimulyo, Kampung Sehat di Bantul Ciptakan Empat Jenis Minuman Kesehatan

  • Whatsapp
taman obat keluarga
Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Emi Masruroh Abdul Halim Muslih meresmikan Taman Toga “Ngupoyo Sehat” di Kalurahan Srimulyo, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. (Foto: Pemkab Bantul)

Bantul – Dusun Ngelosari menjadi kampung sehat di Kalurahan Srimulyo, Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Di tempat ini baru saja diresmikan Taman Toga “Ngupoyo Sehat” seluas 200 meter persegi pada Rabu, 19 Januari 2022.

Dukuh Ngelosari Pardiono mengatakan, program penanaman tanaman obat keluarga sudah dimulai sejak 2015 oleh Kader-kader Kesehatan di Padukuhan Ngelosari. Berawal dari progam one product, one padukuhan di tingkat Kalurahan Srimulyo, Padukan Ngelosari memantapkan arahnya untuk menjadi dusun sehat melalui program pembudidayaan tanaman obat keluarga.

Read More

Baca Juga: Madu Lebah Klanceng Asal Bantul dengan Ragam Khasiat, Begini Cara Budi Dayanya

Dia mengatakan, kerja keras dari para kader Kesehatan di Padukuhan Ngelosari membuahkan hasil dengan menjadi juara harapan dua pada lomba tananam obat tingkat provinsi. Selain itu, Padukuhan Ngelosari juga mendapatkan dukungan dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dana Keistimewaan untuk mengembangkan kegiatan produksi minuman kesehatan tradisional dari hasil panen toga.

Pardiono mengatakan, sampai saat ini sudah ada empat jenis produk minuman Kesehatan tradisional yang dihasilkan oleh kader Kesehatan di Padukuhan Ngelosari. Keempat jenis minuman sehat tersebut yakni Jamu Kunyit Asem, Beras Kencur, Sereh Jeruk Nipis (Seruni) dan Jahe Merah.

Baca Juga: Ibu Hamil Boleh Vaksin Covid-19

Dia mengatakan, produk minuman dari Padukuhan Ngelosari banyak dipesan untuk acara-acara kalurahan, puskesmas, dan beberapa organisasi perangkat daerah. “Pada tahun 2021 lalu lebih dari 5.000 botol yang berhasil kami jual, terhitung Agustus sampai November,” ungkap Pardiono.

Pardiono berharap ke depan para kader mendapatkan pembinaan pembuatan olahan jamu instan. “Tujuannya agar produk yang dihasilkan semakin beragam,” ungkapnya.

Baca Juga: Cara Pemda DIY Menekan Jumlah Pasien Corona Isoman yang Meninggal

Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Emi Masruroh Abdul Halim Muslih mengapresiasi kader kesehatan dan warga Ngelosari. “Semoga adanya taman ini tidak hanya jadi sebuah ikon saja, tapi betul-betul menjadi pusat pengembangan tanaman toga yang meluas sampai di Kapanewon Piyungan,” katanya saat meresmikan Taman Toga “Ngupoyo Sehat”. []

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *